kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,97   7,38   0.83%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Turun Lebih 2%, Brent ke US$84,89 dan WTI ke US$80,51


Sabtu, 04 November 2023 / 05:53 WIB
Harga Minyak Dunia Turun Lebih 2%, Brent ke US$84,89 dan WTI ke US$80,51
ILUSTRASI. Harga minyak dunia


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga minyak ditutup lebih dari 2% lebih rendah pada hari Jumat (3/11) karena kekhawatiran pasokan yang didorong oleh ketegangan Timur Tengah mereda.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent turun US$1,92 atau 2,3% menjadi US$84,89 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun US$1,95 atau 2,4% menjadi US$80,51 per barel.

Kedua patokan harga minyak mentah tersebut turun lebih dari 6% pada minggu ini.

Pemimpin Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah, yang berbicara untuk pertama kalinya sejak perang Israel-Hamas meletus, memperingatkan pada hari Jumat bahwa konflik yang lebih luas di Timur Tengah mungkin saja terjadi, namun tidak berkomitmen untuk membuka front lain di perbatasan Israel dengan Lebanon.

Baca Juga: Harga Minyak Masih Bisa Melaju Hingga Akhir Tahun

"Pasar menanggapi konflik ini dengan tenan  karena tampaknya tidak ada gangguan permintaan atau penawaran yang signifikan," kata John Kilduff, mitra di Again Capital LLC di New York.

Di tempat lain, pertumbuhan pekerjaan AS melambat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Oktober. Sementara inflasi upah mendingin, menunjukkan pelonggaran kondisi pasar tenaga kerja.

Data ini mendukung pandangan bahwa The Fed tidak perlu menaikkan suku bunga lebih lanjut.

The Fed mempertahankan suku bunga stabil minggu ini dan Bank of England mempertahankan suku bunga di puncak 15 tahun, mendukung harga minyak karena beberapa selera risiko kembali ke pasar.

Namun sebuah survei sektor swasta pada hari Jumat menunjukkan bahwa meskipun aktivitas jasa China berekspansi dengan laju yang sedikit lebih cepat di bulan Oktober, penjualan tumbuh pada laju terlemah dalam 10 bulan terakhir dan ketenagakerjaan stagnan karena kepercayaan bisnis berkurang.

Baca Juga: Kenaikan Harga Minyak Dunia Diprediksi Terbatas, Begini Penjelasannya

Data tersebut mengikuti pembacaan dari Biro Statistik Nasional pada hari Rabu yang menunjukkan aktivitas manufaktur China secara tak terduga mengalami kontraksi pada bulan Oktober.

Di sisi suplai, Arab Saudi diperkirakan akan mengkonfirmasi perpanjangan pemangkasan produksi minyak sukarela sebesar 1 juta barel per hari hingga Desember, berdasarkan ekspektasi para analis.

Dewan Perwakilan Rakyat AS dengan mudah meloloskan RUU untuk meningkatkan sanksi terhadap minyak Iran dalam pemungutan suara bipartisan yang kuat, tetapi tidak jelas seberapa efektif undang-undang tersebut jika ditandatangani menjadi undang-undang.

Meskipun Kongres dapat meloloskan legislasi sanksi, tindakan-tindakan seperti itu sering kali disertai dengan pengabaian keamanan nasional yang memungkinkan presiden memiliki keleluasaan dalam menerapkan hukum.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Bisa Terdorong dari Lanjutan Pengurangan Pasokan oleh OPEC+

China juga dapat terus mengimpor minyak meskipun ada sanksi baru.

Perusahaan-perusahaan energi AS minggu ini memangkas jumlah rig minyak dan gas alam yang beroperasi ke level terendah sejak Februari 2022, perusahaan jasa energi Baker Hughes mengatakan pada hari Jumat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×