kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Dunia Jatuh Kamis (29/2), Brent ke US$83,25 dan WTI ke US$78,28


Kamis, 29 Februari 2024 / 16:02 WIB
Harga Minyak Dunia Jatuh Kamis (29/2), Brent ke US$83,25 dan WTI ke US$78,28
ILUSTRASI. A flare burns excess natural gas in the Permian Basin in Loving County, Texas, U.S. November 23, 2019. REUTERS/Angus Mordant//File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Harga minyak turun pada hari Kamis (29/2). Setelah peningkatan stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) yang lebih besar dari perkiraan memicu kekhawatiran tentang lambatnya permintaan, sementara tanda-tanda bahwa suku bunga AS akan tetap tinggi menambah tekanan.

Melansir Reuters, harga minyak mentah Brent untuk bulan April turun 43 sen atau 0,5% menjadi US$83,25 per barel pada pukul 08.30 GMT, setelah naik 3 sen di sesi sebelumnya.

Kontrak April berakhir pada hari Kamis dan kontrak Mei yang lebih aktif turun 33 sen menjadi US$81,82 per barel.

Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) turun 26 sen atau 0,3% menjadi US$78,28 per barel.

Baca Juga: Harga Minyak Bergerak Datar pada Kamis (29/2) Siang

Brent diperkirakan akan naik hampir 2% di akhir bulan, kenaikan bulanan kedua. Sementara WTI juga diperkirakan naik untuk bulan kedua, naik sekitar 3% di bulan Februari.

Stok minyak mentah AS meningkat sementara persediaan bensin dan sulingan turun pekan lalu karena kilang minyak berada di bawah posisi terendah musiman karena pemadaman listrik yang direncanakan dan tidak direncanakan, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan pada hari Rabu.

Persediaan minyak mentah naik untuk minggu kelima berturut-turut, meningkat sebesar 4,2 juta barel menjadi 447,2 juta barel pada pekan yang berakhir 23 Februari, kata EIA.

Jika dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan kenaikan 2,7 juta barel.

“Stok dalam jumlah besar meningkatkan kekhawatiran investor atas perlambatan ekonomi dan berkurangnya permintaan minyak di AS,” kata Satoru Yoshida, analis komoditas di Rakuten Securities.

Baca Juga: Harga Minyak Tertekan Oleh Stok Minyak AS yang Melonjak

“Antisipasi penundaan penurunan suku bunga AS juga membebani sentimen pasar karena dapat melemahkan permintaan minyak,” katanya.

Biaya pinjaman yang tinggi biasanya mengurangi pertumbuhan ekonomi dan permintaan minyak.

Para pedagang telah mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga AS setelah serangkaian data yang kuat, termasuk indeks harga konsumen dan indeks harga produsen yang panas.

Mereka memperkirakan siklus pelonggaran akan dimulai pada bulan Juni, dibandingkan dengan awal tahun 2024 ketika pertaruhan dilakukan pada bulan Maret.

Pelaku pasar kini menunggu indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi AS, ukuran inflasi pilihan The Fed, untuk mengetahui lebih banyak isyarat perdagangan.

Indeks, yang akan dirilis pada hari Kamis, diperkirakan menunjukkan harga naik 0,3% secara bulanan di bulan Januari.

Pasar juga mengamati kemungkinan perpanjangan pengurangan produksi minyak secara sukarela dari OPEC+, yang telah membatasi penurunan harga untuk saat ini.

Baca Juga: Mulai 1 Maret 2024, Rusia Larang Ekspor Bensin Selama 6 Bulan

“Dengan prospek permintaan yang masih belum pasti, kami pikir OPEC akan memperpanjang perjanjian pasokan saat ini hingga akhir kuartal kedua,” kata analis ANZ Daniel Hynes dan Soni Kumari dalam catatan kliennya.

Prospek harga tetap tidak berubah, tambah para analis, memproyeksikan harga rata-rata tahunan 2024 pada US$86 per barel untuk Brent dan US$81 per barel untuk WTI.

Konflik di Timur Tengah juga diperkirakan akan membatasi harga minyak, kata Yoshida dari Rakuten.

Baik Israel maupun Hamas meremehkan prospek gencatan senjata dalam perang mereka di Gaza dan mediator Qatar mengatakan bahwa masalah yang paling kontroversial masih belum terselesaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×