kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Stabil Spot karena Bersiap Untuk Keputusan Penting Bank Sentral


Senin, 18 September 2023 / 22:17 WIB
Harga Emas Stabil Spot karena Bersiap Untuk Keputusan Penting Bank Sentral
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas sedikit berubah pada hari Senin (18/9 karena para investor tetap berada di sela-sela, bersiap untuk serangkaian pertemuan kebijakan bank sentral  minggu ini. Dengan The Fed diperkirakan akan berhenti sejenak pada kenaikan suku bunga.

Melansir Reuters, harga emas spot datar di US$1.923,40 per ons troi pada pukul 1359 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS turun 0,1% pada US$1.944,10.

"Pasar menjadi sangat fokus pada permintaan bank sentral ... ekspektasinya adalah mereka (Fed) akan mendorong narasi yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama dan hal ini akan membuat para investor tetap waspada," kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini (18/9) Bergeming, Berapa Selisih dengan Buyback?

Keputusan kebijakan The Fed akan diumumkan pada hari Rabu, dengan para pedagang memperkirakan 99% kemungkinan bank sentral mempertahankan suku bunga di kisaran 5,25% hingga 5,5%, menurut CME FedWatch Tool.

Bank of England (BoE) diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 5,5% pada hari Kamis.

Pertemuan Bank of Japan akan diadakan pada hari Jumat, dengan para investor mencari lebih banyak isyarat mengenai prospek dari Gubernur Kazuo Ueda setelah komentarnya baru-baru ini tentang mengakhiri suku bunga negatif.

Emas yang tidak memberikan imbal hasil cenderung tidak disukai oleh para investor ketika suku bunga naik.

Menjaga kenaikan emas tetap terkendali, dolar AS melayang di dekat level tertinggi enam bulan terhadap para pesaingnya, sementara imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun tetap tinggi di dekat level tertinggi beberapa tahun.

Harga emas China mencapai rekor tertinggi minggu lalu, memperpanjang reli selama berbulan-bulan karena konsumen membeli aset safe haven untuk mengimbangi pelemahan yuan. Premi emas fisik juga melonjak ke level tertinggi baru.

Baca Juga: Harga Emas Antam Stagnan di Level Rp 1.075.00 Per Gram Pada Senin (18/9)

"Meskipun perkembangan di China layak untuk dicermati, saat ini kami tidak yakin bahwa hal ini akan mengubah prospek pasar emas," kata analis Julius Baer, Carsten Menke.

D tempat lain, harga perak spot stabil di US$23 per ons troi, platinum naik 0,5% menjadi US$930,09, dan paladium tergelincir 1,3% menjadi US$1.232,55.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×