kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,51   -5,90   -0.59%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Spot Stabil di Level US$1.956,5, Investor Kembali Lirik Aset Berisiko


Selasa, 28 Maret 2023 / 19:42 WIB
Harga Emas Spot Stabil di Level US$1.956,5, Investor Kembali Lirik Aset Berisiko
ILUSTRASI. Emas batangan


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas stabil pada hari Selasa (28/3), memulihkan kerugian sebelumnya saat dolar melemah. Sementara itu investor tengah menyukai aset berisiko tinggi karena kekhawatiran di sektor perbankan mereda dan mendorong emas lebih jauh dari angka US$2000 yang dicapai minggu lalu.

Melansir Reuters, setelah berakhir lebih rendah dalam dua sesi terakhir, harga emas spot sebagian besar tidak berubah di level US$1.956,50 per ons troi pada pukul 11.58 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS naik 0,2% menjadi US$1.958,30.

Dolar beringsut 0,3% lebih rendah, membuat emas lebih menarik bagi pemegang mata uang lainnya.

“Dalam waktu dekat, harga emas bisa tergelincir ke level US$1.933, tetapi prospek emas tetap bullish dengan mendekati puncak suku bunga AS dan bahaya memukul resesi dalam beberapa bulan mendatang,” kata Ole Hansen, head of commodity strategy Saxo Bank.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini (28/13) Rontok, Pembeli Sepekan Lalu Rugi 11,25% (rugi)

Bursa saham Eropa naik untuk sesi kedua setelah kesepakatan pembelian Silicon Valley Bank menenangkan pasar dan menghidupkan kembali minat pada aset berisiko, mengurangi permintaan emas safe-haven.

"Fokus jangka pendek tetap pada gejolak pasar keuangan dan bagaimana data ekonomi Amerika Serikat (AS) berkembang, yang memengaruhi kebijakan moneter The Fed," kata analis UBS Giovanni Staunovo.

Pasar mengharapkan peluang 48,7% dari Federal Reserve mempertahankan suku bunga pada kisaran saat ini pada bulan Mei, menurut alat CME FedWatch. Pekan lalu, The Fed mengindikasikan akan menghentikan kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Ekonom di Barclays dalam sebuah catatannya mengungkapkan, harga emas telah mengikuti dengan cermat perubahan ekspektasi mengenai kebijakan The Fed.

"Jika inflasi turun tajam tetapi bank sentral enggan untuk segera menurunkan suku bunga sebagai tanggapan terhadapnya, ini bisa merugikan emas,” tulis mereka.

Baca Juga: Harga Emas Spot Menguat Tipis Usai Dolar Tergelincir di Pagi Ini (28/3)

Suku bunga yang lebih tinggi cenderung menghambat investasi dalam emas batangan yang tidak menghasilkan imbal hasil.

Di logam lain, harga perak turun 0,3% menjadi US$23,02 per ons troi, platinum turun 0,2% menjadi US$970,23, dan paladium naik 0,6% menjadi US$1.416,45.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×