kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Naik Hingga Rekor Tertinggi, Inilah Saham Terkait Emas yang Bisa Dikoleksi


Jumat, 05 Mei 2023 / 08:07 WIB
Harga Emas Naik Hingga Rekor Tertinggi, Inilah Saham Terkait Emas yang Bisa Dikoleksi
ILUSTRASI. Harga Emas Naik Hingga Rekor Tertinggi, Inilah Saham Terkait Emas yang Bisa Dikoleksi


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas spot kembali mencapai rekor tertingginya sepanjang masa pada Kamis (4/5). Apakah sekarang saat yang tepat untuk mulai mengoleksi saham dari perusahaan berbasis emas?

Apa saja saham perusahaan yang bergerak di komoditas emas? Berikut rekomendasi analis untuk saham perusahaan komoditas emas.

Harga emas global menyentuh harga US$ 2.072,19 per onstroi. Meski begitu, pada pukul 15.02 WIB harganya sudah kembali melandai ke US$ 2.033,17 atau turun 0,26% dari harga penutupan kemarin di level US$ 2.039,02 per ons troi.

Analis Panin Sekuritas Felix Darmawan mengamini, saat ini memang harga emas sedang dalam fase bullish, seiring adanya ketidakpastian pasar keuangan global dan masih berlanjutnya kebijakan pengetatan moneter Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve. 

Untuk diketahui, The Fed memutuskan menaikkan tingkat suku bunga acuan 25 basis points (bps) ke kisaran 5% -5,25% atau level tertinggi dalam 16 tahun terakhir. Lebih lanjut, The Fed menyatakan bahwa pembalikan tingkat suku bunga belum akan terjadi dalam waktu dekat. 

“Harga emas juga ditopang dari adanya kecenderungan untuk berinvestasi logam mulia, baik dari individu maupun pembelian dari bank sentral, yang turut berdampak positif pada harga emas,” kata Felix kepada Kontan.co.id, Kamis (4/5).

Baca Juga: Prediksi IHSG Hari Ini (5/5) Terkoreksi, Saham-Saham Ini Perlu Dipantau

Dengan melihat kondisi ini, Felix berencana merevisi target harga emas tahun ini dari sebelumnya US$ 1.900  per oz menjadi US$ 2.100 per oz.  “Kisaran di level US$ 2.100 masih berpeluang besar untuk tertembus,” sambung dia.

Menurut Felix, pengaruh kenaikan harga emas akan positif terhadap emiten tambang emas seperti PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Sebab, kenaikan harga emas global dapat menopang kenaikan dari rata-rata harga jual alias average selling price (ASP) produk emas mereka.

 

Harga saham ANTM pada perdagangan Kamis 4 Mei 2023 ditutup di level 2.130, naik 10, poin atau 0,47% dibandingkan sehari sebelumnya. Sementara itu, harga saham MDKA pada perdagangan Kamis 4 Mei 2023 ditutup di level 3.880, turun 10 poin atau 0,26% dibandingkan sehari sebelumnya.

Untuk ANTM, investasi masyarakat di  instrumen logam mulia ANTM memang secara umum dapat meningkat, jika kondisi penuh ketidakpastian dan merebaknya kekhawatiran di pasar keuangan. Terlebih jika imbal hasil di aset lainnya seperti saham dan obligasi yang cukup fluktuatif.

Di sisi lain, tren penjualan logam mulia ANTM memang mengalami kenaikan sebelum adanya sentimen tersebut, yang menjadi tanda bahwa kemungkinan masyarakat memiliki preferensi sendiri untuk berinvestasi emas di luar adanya sentimen negatif.

Sementara untuk MDKA, selain ditopang oleh penguatan harga emas, juga disokong oleh naiknya  ASP nikel seiring pembukaan kembali (reopening) ekonomi China yang merupakan konsumen metal based terbesar di dunia.

Senada, Analis MNC Sekuritas Alif Ihsanario berekspektasi momentum bullish harga emas akan terus berlanjut mengingat prospek ekonomi yang suram sejauh ini. 

Bersamaan dengan itu, selera pasar yang tumbuh terhadap emas selaras dengan upaya ANTM dalam memperluas jangkauan domestik di segmen emas mereka, dibuktikan dengan pembukaan cabang butik terbaru di Pekanbaru pada  April 2023.

“Oleh karena itu, kami meyakini story segmen emas  ANTM akan terlihat bagus untuk tahun ini,” kata dia.  Meskipun Alif melihat kinerja penjualan segmen emas akan normalisasi dan menurun 10% di tahun ini.

Sementara untuk PT United Tractors Tbk (UNTR), analis Ciptadana Sekuritas Arief Budiman merevisi naik estimasi penjualan emas tahun ini, seiring dengan capaian kinerja penjualan emas yang cukup baik di sepanjang kuartal pertama 2023.

Total penjualan emas dari tambang emas Martabe memang menurun 21% menjadi 59.000 ons sepanjang kuartal pertama 2023.

Namun, realisasi penjualan emas ini melebihi ekspektasi, yang mencerminkan 39% dari estimasi penjualan emas UNTR tahun ini.

Dengan demikian, tahun ini Ciptadana Sekuritas menaikkan target penjualan emas UNTR menjadi 180.000 oz dari sebelumnya 150.000 oz tahun ini.

Bersamaan dengan naiknya estimasi penjualan alat berat dan naiknya volume pertambangan batubara, Arief menaikkan estimasi laba bersih UNTR untuk tahun ini dan tahun depan sebesar masing-masing 17% dan 8% menjadi Rp 25,5 dan Rp 23,3 triliun. 

Ciptadana Sekuritas mempertahankan rekomendasi buy saham UNTR namun dengan menaikkan target harga menjadi Rp 36.500  dari sebelumnya Rp35.000.

Sementara Felix merekomendasikan buy saham ANTM dengan target harga di Rp 2.800. Dia masih mempertahankan outlook positif untuk ANTM, salah satunya didukung oleh masih tingginya minat masyarakat untuk investasi pada logam mulia khususnya emas. 

Dia juga merekomendasikan buy saham MDKA dengan target harga ke Rp 5.500, yang ditopang oleh masih cerahnya prospek metal mining seiring pelonggaran mobilitas di China. 

Itulah rekomendasi saham perusahaan komoditas emas yang perlu dicermati. Ingat, segala risiko investasi atas rekomendasi saham di atas menjadi tanggung jawab Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×