kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,15   -3,09   -0.31%
  • EMAS1.138.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Dunia Melonjak, Analis Prediksi Melaju di Atas US$ 2.000 per Ons Troi


Senin, 20 Maret 2023 / 04:20 WIB
Harga Emas Dunia Melonjak, Analis Prediksi Melaju di Atas US$ 2.000 per Ons Troi


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Harga emas dunia naik cukup signifikan belakangan ini. Berdasarkan data tradingeconomics.com, harga emas dunia berada di level US$ 1.988 per ons troi per Jumat (17/3), naik sekitar 5,74% dari level akhir pekan sebelumnya di sekitar US$ 1.880 per ons troi.

Emas batangan Antam pada Sabtu (18/3) dihargai Rp 1.088.000 per gram. Harga ini naik dari Sabtu (11/3) yang sebesar Rp 1.049.000 per gram dan Rp 1.020.000 per gram pada Rabu (8/3).

Chief Analyst DCFX Futures Lukman Leong mengatakan, harga emas sebenarnya sudah naik dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini dipicu oleh sentimen pembelian oleh bank-bank sentral dunia.

Lalu, kenaikan emas tertahan saat inflasi tinggi seperti yang terjadi belakangan ini. Pasalnya, peningkatan inflasi yang signifikan membuat bank-bank sentral menaikkan suku bunga sehingga menahan kenaikan lebih lanjut harga emas.

Baca Juga: Reksadana Indeks Terseret Sentimen Negatif di Pasar Saham, Berikut Prospeknya

Namun, dengan perkembangan akhir-akhir ini, emas kembali menjadi aset safe haven yang diincar para investor. Pasalnya, dengan adanya ekspektasi perlambatan ekonomi dunia dan krisis perbankan yang akan semakin menekan pertumbuhan, investor memperkirakan bank-bank sentral akan mulai menahan kenaikan suku bunga dan menurunkannya lebih awal.

"Dengan harapan menurunnya carrying cost, ketidakpastian ekonomi, perang Ukraina-Rusia, dan tensi geopolitik China-Amerika Serikat, maka emas sebagai safe haven menjadi tujuan investasi," ucap Lukman.

Lukman memprediksi, harga emas dapat mencapai level US$ 2.100 bahkan US$ 2.200 per ons troi pada 2023. Koreksi harga dapat saja terjadi, tetapi tidak signifikan.

Founder Traderindo.com Wahyu Tribowo Laksono juga memprediksi, harga emas pada tahun 2023 akan berada dalam kisaran US$ 1.600-US$ 2.300 per ons troi. Target wajarnya berada di US$ 2.100 per ons troi sehingga masih ada potensi kenaikan dari harga saat ini.

Menurut Wahyu, kenaikan harga emas terjadi karena pelaku pasar mencium risiko tinggi terkait krisis perbankan. Mulai dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB), bank regional AS, dan Credit Suisse. Semua ini menandakan adanya dampak kebijakan moneter ketat The Fed.

Baca Juga: Rekomendasi Saham Pilihan dan Arah IHSG di Tengah Pekan FOMC The Fed

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



Kontan Academy
Strategi Digital Marketing 2024 Menguasai Perubahan dan Meningkatkan Konversi #BisnisJangkaPanjang #TanpaCoding #PraktekLangsung Mastering Capital Budgeting

[X]
×