kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.344.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Emas Berpotensi Menguat Seiring Proyeksi Pelemahan Dolar AS pada Pekan Ini


Senin, 27 Mei 2024 / 11:15 WIB
Harga Emas Berpotensi Menguat Seiring Proyeksi Pelemahan Dolar AS pada Pekan Ini
ILUSTRASI. Petugas menunjukkan imitasi emas di Unit Bisnis Logam Mulia PT. Antam di Jakarta, Kamis (7/10). Harga Emas Berpotensi Menguat dalam Pekan Ini, Efek Proyeksi Dolar yang Menurun


Reporter: Nadya Zahira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Harga emas pada pekan ini berpotensi menunjukkan peningkatan. Berdasarkan Trading Economics, harga emas kembali naik 0,56% ke level US$ 2.346 per ons troi pada Senin (27/5) pukul 10.30 WIB. 

Analisis Deu Calion Futures (DCFX), Andrew Fischer menjelaskan bahwa penurunan nilai dolar AS yang diproyeksikan minggu ini menjadi salah satu pendorong utama kenaikan harga emas.

Seperti yang diketahui, selama beberapa minggu terakhir, tren harga emas mengalami perubahan signifikan dari penurunan menuju kenaikan. Fischer menyebutkan bahwa perubahan arah tren ini cenderung akan terus berlanjut, memberikan peluang bagi investor untuk memanfaatkan momentum kenaikan ini.

Baca Juga: Koreksi Terhadap Harga Emas Diprediksi Tak Berdampak pada Logam Mulia Lainnya

Fischer menyebutkan, sentimen eksternal yang mendukung kenaikan harga emas antara lain adalah ketidakpastian geopolitik yang semakin meningkat, terutama menjelang pemilu AS, konflik di Timur Tengah dan Ukraina, serta ketegangan perdagangan antara AS dan China.

Menurut dia, salah satu fokus utama geopolitik saat ini adalah situasi di Selat Taiwan. Dengan meningkatnya tekanan dari China terhadap Taiwan, ketidakpastian di kawasan ini menambah dorongan bagi emas sebagai aset lindung nilai. 

“Saya juga menggunakan analisis trendline dan candlestick untuk mendukung prediksi kenaikan ini, menunjukkan bahwa indikator teknis juga sejalan dengan proyeksi fundamental,” kata Fischer dalam riset hariannya, Senin (27/5). 

Selain itu, Fischer mengatakan bahwa kenaikan harga emas saat ini, juga didukung oleh proyeksi dari UBS, yang baru-baru ini menaikkan target harga emas mereka. UBS memperkirakan harga emas akan mencapai US$ 2.600 per ons troi pada akhir 2024, naik dari target sebelumnya sebesar US$ 2.500 per ons troi. 

“Kenaikan ini didorong oleh beberapa faktor, termasuk melemahnya data ekonomi AS yang menyebabkan repricing ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve,” kata dia. 

Baca Juga: Harga Emas dalam Tren Melemah, Begini Prospek Komoditas Logam Mulia ke Depan

Lebih lanjut, Fischer bilang, pada bulan April, data ekonomi AS yang lebih lemah menyebabkan pasar uang memperhitungkan pelonggaran suku bunga sebesar 40 basis poin pada tahun 2024, naik dari 28 basis poin pada akhir April. 

Suku bunga yang lebih rendah biasanya mendorong harga emas karena meningkatkan arus masuk dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), yang secara historis mendukung kenaikan harga emas.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×