kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Estika Tata (BEEF) Akan Mengakuisisi Tiga Perusahaan Melalui Transaksi Afiliasi


Minggu, 11 Februari 2024 / 13:50 WIB
Estika Tata (BEEF) Akan Mengakuisisi Tiga Perusahaan Melalui Transaksi Afiliasi
ILUSTRASI. Estika Tata Tiara (BEEF) menyampaikan kelanjutan akuisisi saham terhadap tiga perusahaan dengan nilai Rp 108,2 miliar.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Estika Tata Tiara Tbk (BEEF) menyampaikan kelanjutan aksi pengambilalihan (akuisisi) saham terhadap tiga perusahaan. Nilai dari rencana transaksi tersebut mencapai Rp 108,2 miliar. Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (7/2), BEEF menguraikan rencana akuisisi terhadap tiga perusahaan tersebut.

Pertama, BEEF akan mengakuisisi 99% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam PT Fajar Jaya Anugerah (FJA), yang memiliki kegiatan usaha dalam bidang perdagangan besar olahan daging. Pihak yang akan mengalihkan saham kepada BEEF adalah PT Sembilan Jaya Anugerah (9JA), Janni, Aldi Imam Wibowo (AIW), dan Hj. Diana Dewi, S.E. (DD) yang merupakan pihak yang terafiliasi dengan BEEF.

Kedua, BEEF akan mengakuisisi 99% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam PT Sinar Wijaya Utama (SWU). SWU memiliki kegiatan usaha dalam bidang perdagangan besar atas balas jasa atau kontrak, hasil pertanian dan hewan hidup dan perdagangan besar makanan, minuman dan tembakau.

Pihak yang akan mengalihkan saham kepada BEEF adalah Robby Hendra Wijaya (RHW), Santi Sartika, Apong Sopiah, Dimas Wibowo (DW), dan AIW yang merupakan pihak yang terafiliasi dengan BEEF.

Baca Juga: Estika Tata Tiara (BEEF) Prediksi Penjualan Naik 200% Saat Ramadan

Ketiga, akuisisi 99% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam PT Sukses International Anugerah Pratama (SIAP) yang memiliki kegiatan usaha dalam bidang perdagangan besar daging olahan dan angkutan bermotor untuk barang umum. Pihak yang akan mengalihkan saham adalah 9JA, Janni, DD, dan DW yang merupakan pihak yang terafiliasi dengan BEEF.

"Rencana transaksi merupakan transaksi afiliasi dari segi kepemilikan saham dan secara keseluruhan memiliki nilai yang material sebagaimana dimaksud dalam POJK 42/2020 dan POJK 17/2020," ungkap manajemen BEEF dalam keterbukaan informasi tersebut.

Sebelumnya, pada 22 Desember 2023, BEEF  telah menandatangani Perjanjian Pengikatan Jual Beli Saham (PPJBS) untuk rencana akuisisi tersebut. Pertama, PPJBS PT Fajar Jaya Anugerah (FJA) antara BEEF dengan 9JA, Janni, AIW, dan DD, untuk pengalihan 72.864 saham, yang mewakili 99% dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh FJA, dengan nilai sebesar Rp 36,8 miliar.

Kedua, PPJBS PT Sinar Wijaya Utama (SWU) antara BEEF dengan RHW, Santi Sartika, Apong Sopiah, DW, dan AIW, untuk pengalihan 15.593 saham yang mewakili 99% dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh SWU, dengan nilai sebesar Rp 17,6 miliar.

Ketiga, PPJBS PT Sukses International Anugerah Pratama (SIAP) antara BEEF dengan 9JA, Janni, DD, dan DW, untuk pengalihan sejumlah 50.490 saham, yang mewakili sebesar 99% dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh SIAP, dengan nilai sebesar Rp 53,8 miliar.

Baca Juga: Menilik Rencana Bisnis Estika Tata Tiara (BEEF) pada Tahun Ini

Dalam latar belakang rencana transaksi ini, BEEF melihat pengembangan usaha terpadu sebagai potensi yang dapat dikembangkan. "Oleh karenanya, Perseroan merencanakan untuk melakukan pengembangan non organik dengan melakukan pengambilalihan FJA, SWU dan SIAP," terang keterbukaan informasi tersebut.

Dengan demikian, apabila seluruh transaksi di atas telah dilaksanakan, maka BEEF akan menjadi pengendali langsung FJA, SWU, dan SIAP. Kemudian laporan keuangannya akan terkonsolidasi dalam laporan keuangan BEEF.

Dari sisi bursa saham, saat ini BEEF diperdagangkan pada harga Rp 242 per saham. Level ini didapat usai saham BEEF ditutup menguat 0,83% pada perdagangan Rabu (7/2). Secara year to date, pergerakan saham BEEF menurun tipis 2,42%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×