CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,71   1,56   0.16%
  • EMAS996.000 0,91%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Daftar Saham yang Berpotensi Memberi Dividen Besar Tahun 2022, Ada ADRO PTBA BBRI dll


Jumat, 14 Januari 2022 / 09:05 WIB
Daftar Saham yang Berpotensi Memberi Dividen Besar Tahun 2022, Ada ADRO PTBA BBRI dll


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siap-siap memburu saham yang bakal membayar dividen besar tahun 2022 ini. Tak perlu bingung, analis sudah memiliki daftar emiten yang biasanya membayar dividen besar.

Analis Mirae Asset Sekuritas Handiman Soetoyo prediksi pembayaran dividen saham pada 2022 bakal meningkat ketimbang tahun lalu. "Kami menyambut musim dividen 2022 dengan optimisme karena laba perusahaan besar meningkat," ujarnya dalam riset, Kamis (13/1).

Pada tahun 2021, nominal pembayaran dividen saham lebih rendah dari biasanya. Namun beberapa perusahaan menaikkan rasio pembagian dividen saham untuk mempertahankan dividen yang menarik.

Nah, di tahun ini ia memprediksi perusahaan dari sektor keuangan, komoditas, konsumen non-siklikal, kesehatan, telekomunikasi dan menara akan memberikan imbal hasil dividen saham yang lebih tinggi.

Pilihan teratas dari Mirae Asset Sekuritas untuk dividen 2022 seperti ADMF, ADRO, ARNA, ASDM, BJBR, BJTM, BMRI, BSSR, CLPI, DLTA, DVLA, EPMT, GEMS, GGRM, HEXA, HMSP, INDF, ITMG, LPGI, MBAP, MPMX, PANS, PBID, POWR, PTBA, SIDO, TLKM, dan UNTR.

Baca Juga: Prediksi IHSG Jumat (14/1) Rawan Melemah, Ini Rekomendasi Saham Pilihan Untuk Trading

Menurut Handiman, investasi saham dividen adalah manifestasi dari investasi saham sejati. Ia bilang, investasi saham dividen adalah proses jangka panjang.

"Anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan bila Anda konsisten berinvestasi untuk jangka panjang. Berinvestasi di saham dividen dalam jangka panjang dan menginvestasikan kembali dividen dapat menciptakan efek compounding yang akan menumbuhkan pendapatan dividen Anda secara eksponensial," paparnya.

Pada dasarnya, lanjut Handiman, saham-saham dividen harus memenuhi beberapa kriteria, seperti memiliki tim manajemen yang cakap dan tata kelola perusahaan yang baik, berada dalam industri yang menguntungkan dalam jangka panjang, pendapatan dan laba yang tangguh dan bertumbuh.

Ia menambahkan, investor juga bisa mencermati keuangan emiten yang sehat, rekam jejak pembayaran dividen yang panjang, dan mampu menunjukkan keberlanjutan dividen.

Baca Juga: Rampungkan Rights Issue, Ini Rekomendasi Saham Waskita Karya (WSKT)

Beberapa saham yang bisa dijadikan pilihan untuk investasi jangka panjang, pilihan Handiman meliputi ACES, ADMF, AKRA, ARNA, ASGR, BBCA, BBRI, BJBR, BJTM, BMRI, CLPI, DLTA, DVLA, EKAD, FISH, ICBP, INDF, KLBF , LPGI, MYOR, PBID, POWR, SCCO, SIDO, SMSM, TGKA, TLKM, dan TOWR.

"Pilihan teratas kami untuk saham dengan dividend yield tinggi adalah ADRO, HEXA, ITMG, MPMX, PTBA, TOTL, dan UNTR," pungkasnya.

Saham-saham pertambangan batubara, se[erti ADRO, ITMG, PTBA berpotensi memberikan dividen yang besar. Perusahaan batubara mendapat keuntungan besar pada tahun 2021 karena harga tinggi dan kenaikan permintaan pasar global.

PTBA misalnya, mencatatkan peningkatan laba bersih hingga 175,72% sepanjang sembilan bulan pertama 2021. Dengan kata lain, laba bersih PTBA bertambah menjadi Rp 4,77 triliun per September 2021, dari Rp 1,73 triliun pada periode sama tahun 2020.

Diperkirakan laba PTBA hingga tutup tahun 2021 semakin besar. Pasalnya, harga batubara di pasar global masih tinggi dan permintaan juga besar.

PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sepanjang Sembilan bulan pertama 2021. Emiten pertambangan batubara ini mencatatkan laba periode berjalan sebesar US$ 465 juta. Jumlah tersebut melesat 286% year-on-year (yoy) dari laba periode sama tahun sebelumnya yang sebesar US$ 121 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×