kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik pasar e-commerce, Sinergi Inti Plastindo (ESIP) tingkatkan kapasitas pabrik


Jumat, 29 November 2019 / 13:06 WIB
Bidik pasar e-commerce, Sinergi Inti Plastindo (ESIP) tingkatkan kapasitas pabrik
ILUSTRASI. Ilustrasi belanja online. PT Sinergi Inti Plastindo Tbk (ESIP) meningkatkan kapasitas pabrik untuk membidik pasar e-commerce. KONTAN/Baihaki/2017/12/05


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen plastik kemasan PT Sinergi Inti Plastindo Tbk telah resmi menjadi perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak Kamis (14/11). Kini perusahaan tersebut resmi memiliki kode saham ESIP.

Dari penawaran saham perdana tersebut, ESIP meraup dana segar Rp 30,97 miliar untuk meningkatkan kapasitas produksi dan volume penjualan plastik kemasan.  Direktur Utama ESIP Eric Budisetio Kurniawan mengatakan perusahaan akan fokus memproduksi plastik kemasan untuk kebutuhan e-commerce mengingat transaksi belanja online saat ini cukup besar.

Baca Juga: Usai IPO, Sinergi Inti (ESIP) akan tambah kapasitas produksi jadi tiga kali lipat

Kontan mencatat Bank Indonesia (BI) pernah mempublikasikan nilai transaksi e-commerce di empat marketplace terbesar di Indonesia pada tahun 2018 diestimasikan mencapai  Rp 110,96 triliun. “Ke depan kan juga sebagai tren lebih terjangkau berbelanja lewat online, jadi visi misi membangun pabrik baru untuk masuk ke kemasan untuk pengiriman online,” ujar Eric kepada Kontan.co,id belum lama ini.

Tak dapat dipungkiri, kebutuhan plastik dalam belanja online memang belum tergantikan. Pengiriman barang akan lebih aman bila dilapisi plastik kemasan.  Dari pola belanja seperti inilah, akhirnya ESIP menangkap peluang yang besar untuk menargetkan pasar e-commerce.

Untuk mendukung strategi perusahaan tersebut, dana hasil penawaran umum saham perdana digunakan Eric untuk menyelesaikan pembayaran pabrik kedua di daerah Tigaraksa, Tangerang, Banten. Pabrik tersebut merupakan pabrik kedua ESIP. Pabrik sudah berdiri di atas tanah seluas 5.511 meter persegi, dengan luas bangunan 3.470 meter persegi dan terdiri dari dua lantai.

Baca Juga: Harga saham Sinergi Inti Plastindo (ESIP) melonjak 69,33% pada perdagangan perdana

Nantinya, pabrik ini diproyeksikan berkapasitas hingga 7.800 ton. Namun, dalam perkembangannya nanti perusahaan akan secara bertahap meningkatkan kapasitas.  Dalam dua tahun ke depan, perusahaan akan meningkatkan kapasitas produksi sekitar 2.800 ton hingga 3.000 ton plastik. Kemudian akan ditingkatkan menjadi 7.800 ton pada tahun 2022.

“Kami ingin mencuil sedikit marketshare. Dalam hal ini kapasitas yang kami targetkan dua kali lipat untuk dua tahun ke depan,” jelas Eric.

Dengan penambahan kapasitas tersebut, Eric juga memproyeksikan pendapatan perusahaan akan tumbuh dua kali lipat juga dalam dua tahun ke depan. Namun, karena ESIP akan menggunakan pabrik baru, maka manajemen mesti bersabar menunggu mesin produksi selesai dirakit dan siap digunakan untuk produksi.




TERBARU

[X]
×