kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.042.000   -2.000   -0,10%
  • USD/IDR 16.445   2,00   0,01%
  • IDX 7.867   -18,52   -0,23%
  • KOMPAS100 1.102   -2,88   -0,26%
  • LQ45 800   1,11   0,14%
  • ISSI 269   -0,86   -0,32%
  • IDX30 415   0,50   0,12%
  • IDXHIDIV20 482   1,02   0,21%
  • IDX80 121   -0,09   -0,07%
  • IDXV30 132   -1,13   -0,85%
  • IDXQ30 134   0,17   0,13%

Telkom (TLKM) Incar Kontribusi Segmen B2B Mencapai 30% dalam Lima Tahun


Kamis, 14 Agustus 2025 / 18:06 WIB
Telkom (TLKM) Incar Kontribusi Segmen B2B Mencapai 30% dalam Lima Tahun
ILUSTRASI. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) bidik kontribusi segmen business to business (B2B) terhadap pendapatan meningkat menjadi 30% dalam lima tahun. REUTERS/Beawiharta


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Handoyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas DPI Danantara, PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) bidik kontribusi segmen enterprise alias business to business (B2B) terhadap pendapatan bisa meningkat menjadi 30% dalam lima tahun ke depan. 

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Veranita Yosephine menyebut saat ini kontribusi segmen enterprise masih di bawah 20% terhadap total pendapatan Telkom secara konsolidasi.

Padahal, menurutnya, perusahaan sejenis di luar Indonesia kontribusi dari segmen B2B bisa di atas 30%. Melihat hal tersebut, Veranita menilai ada potensi bagi TLKM untuk mencapai level yang sama.   

Baca Juga: Saham Telkom Indonesia Melompat 6,35%, Apa Penyebabnya?

“Dalam lima tahun ke depan, Telkom menargetkan kontribusi unit bisnis enterpise bisa mencapai 30% agar setara dengan perusahaan global lainnya,” jelas Veranita dalam konferensi pers, Kamis (14/8). 

Veranita bilang skala bisnis yang dimiliki TLKM memungkinkan perusahaan pelat merah ini untuk melayani semua sektor. Namun di segmen enterprise, Telkom akan fokus ada beberapa sektor. 

Yakni, sektor manufaktur, retail yang langsung berhubungan dengan konsumer akhir, sektor kesehatan dan perbankan. Tak hanya itu, TLKM juga mengincar sektor strategis lainnya seperti pelayaran. 

 

“Kami juga akan mendorong UMKM, seperti diketahui sekitar 16% dari GDP Indonesia datang dari UMKM. Kami juga akan mengarah kepada segmen UMKM,” tutur Veranita. 

Telkom sendiri telah melayani berbagai segmen dan sektor. Mulai dari pemerintah, BUMN, perusahaan swasta dan UMKM. Produk dan layanan yang ditawarkan TLKM berokus pada meningkatkan efisiensi pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×