kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

BEI memberlakukan Papan Akselerasi, ini manfaatnya


Jumat, 02 Agustus 2019 / 20:45 WIB
BEI memberlakukan Papan Akselerasi, ini manfaatnya


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa Efek Indonesia (BEI) memberlakukan peraturan pencatatan baru untuk perusahaan dengan aset skala kecil dan menengah yang ingin menjadi perusahaan tercatat di BEI, yakni Peraturan Nomor I-V. Beleid yang mulai berlaku sejak 22 Juli 2019 ini berisikan ketentuan khusus pencatatan saham di Papan Akselerasi. Sebelumnya, papan pencatatan bursa hanya dibagi dua, yaitu Papan Utama dan Papan Pengembangan. 

Tujuan BEI membuat pencatatan ini adalah untuk membantu perusahaan yang diklasifikasikan dalam POJK 53 agar lebih mudah mendapatkan pendanaan di pasar modal. Salah satu caranya dengan meningkatkan exposure perusahaan tersebut melalui Papan Akselerasi ini. 

Baca Juga: Bursa Efek Indonesia (BEI) siapkan tiga indeks baru di semester kedua ini

Sekadar informasi, POJK 53 mengatur  tentang klasifikasi perusahaan aset skala kecil dan menengah, termasuk batasan pendanaan modal perusahaan. Perusahaan dengan aset skala kecil adalah yang memiliki aset tidak lebih dari Rp 50 miliar, sedangkan perusahaan skala menengah memiliki aset lebih dari Rp 50 miliar sampai dengan Rp 250 miliar.

Di samping memberi manfaat bagi perusahaan tercatat, Papan Akselerasi ini juga memiliki beberapa manfaat bagi investor, terutama investor retail. Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana mengatakan, melalui aturan ini, BEI berupaya untuk menambah jumlah emiten yang melantai di bursa sehingga perdagangan di BEI akan lebih ramai lagi.

Baca Juga: Emiten Papan Akselerasi bisa naik kelas ke Papan Pengembangan dan Utama

Dengan begitu, investor retail memiliki lebih banyak pilihan saham. Apalagi, melalui Papan Akselerasi ini, BEI mengincar emiten-emiten yang tergolong ke dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) dan perusahaan rintisan, “Hal ini tentunya akan lebih menarik investor apabila perusahaan ini sudah bersinar terlebih dahulu sebelum melantai di bursa,” kata Herditya saat dihubungi Kontan.co.id, Jumat (8/2).

Meskipun begitu, menurut Herditya, profitabilitas UKM dan perusahaan rintisan belum terlalu menjanjikan untuk investor. Akan tetapi, ia tidak menutup kemungkinan ada investor yang tertarik dengan emiten tersebut. Oleh karena itu, ia mengimbau investor untuk  mengenal profil,  produk, hingga prospek bisnis perusahaan tersebut. 

Baca Juga: BEI: Pencatatan di Papan Akselerasi sudah berlaku 22 Juli

Bernada serupa, Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilanus Nico Demus mengatakan, pemberlakuan Papan Akselerasi ini cukup baik bagi perkembangan pasar modal. Menurut dia, papan ini dapat menjadi tolak ukur sehingga pembagian kelas emiten menjadi lebih jelas.

Selain itu, investor juga memiliki lebih banyak pilihan saham dan bisa melihat lebih jeli pilihan saham yang ada. “Jadi tidak hanya main di saham blue chip dan LQ45 aja. Investor retail bisa lebih mulai mengenal banyak saham yang punya bisnis bagus dan valuasi bagus tapi ga pernah dilihat pasar,” ucap dia.

Baca Juga: BEI sebut implementasi papan akselerasi masuk tahap finalisasi

Berdasarkan catatan Kontan.co.id, Rabu (31/7), dari tahun 2018 hingga 2019 ini, sudah ada 15 perusahaan yang listing di BEI menggunakan POJK 53. Sebelumnya, 15 perusahaan itu dicatatkan di Papan Pengembangan. Namun, dengan adanya Papan Akselerasi ini tiap perusahaan yang mengajukan menggunakan POJK Nomor 53 akan diseleksi dan disesuaikan terlebih dahulu apakah masuk ke Papan Pengembangan atau Papan Akselerasi.

BEI juga menyatakan bahwa sudah ada beberapa perusahaan yang tertarik dengan sistem pencatatan Papan Akselerasi ini, khususnya di daerah luar ibu kota. Beberapa sektor yang tertarik adalah hospitality, consumer good, dan plantation. Adapun di Surabaya, paling banyak dari perusahaan sektor manufaktur yang juga berminat untuk dicatatkan di Papan Akselerasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×