kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.908.000   1.000   0,05%
  • USD/IDR 16.212   -17,00   -0,10%
  • IDX 6.865   -12,86   -0,19%
  • KOMPAS100 999   -3,55   -0,35%
  • LQ45 764   -2,07   -0,27%
  • ISSI 226   -1,00   -0,44%
  • IDX30 393   -1,12   -0,29%
  • IDXHIDIV20 455   -0,68   -0,15%
  • IDX80 112   -0,32   -0,28%
  • IDXV30 114   0,03   0,02%
  • IDXQ30 127   -0,74   -0,58%

Begini target Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini


Jumat, 18 September 2020 / 13:40 WIB
Begini target Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini
ILUSTRASI. Kurniamitra (KMDS) berharap tahun 2020 setidaknya bisa meraup pendapatan dan laba bersih sama dengan tahun lalu.


Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, perusahaan distributor sirup & puree Monin, PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS) enggan membidik target signifikan di tahun ini. Emiten yang baru saja melantai tersebut berharap di akhir tahun 2020 nanti setidaknya bisa meraup pendapatan dan laba bersih sama dengan tahun lalu.

Di tahun 2019, Kurniamitra Duta Sentosa mengantongi penjualan bersih sebesar Rp 150,5 miliar, naik 57,05% secara tahunan (yoy) dan laba tahun berjalan sebesar Rp 31,59 miliar, naik 80,62% yoy. Target tahun ini ditetapkan sama seperti tahun lalu sejalan dengan banyaknya pelanggan KMDS yang menutup atau mengurangi kapasitas karena adanya penerapan protokol kesehatan.

Segmen yang paling mempengaruhi penjualan KMDS adalah start up individual coffee shop, minimarket, online dan bubble tea. Di sisi lain, industri food and beverages masih dibutuhkan oleh konsumen. Kurniamitra Duta Sentosa optimistis targetnya tercapai lantaran hingga Agustus 2020 telah mengantongi 80% dari penjualan tahun lalu.

“Kiranya kami akan tetap aktif melakukan kegiatan promosi dan meningkatkan penjualan dengan melayani kebutuhan customer termasuk penjualan melalui online,” jelas Direktur Operasional Kurniamitra Duta Sentosa Dion Amaury kepada Kontan, Jumat (18/9).

Baca Juga: Dua perusahaan ini akan melantai di BEI pekan depan

Kurniamitra Duta Sentosa merupakan distributor tunggal Monin Syrup dari Prancis, susu Milk Lab dari Australia, Powder Premix KAV dari Amerika, kopi LaVazza dari Italia, Santino dan produk bubble tea dari Taiwan. Selain menjual produk minuman dan makanan, Kurniamitra Duta Sentosa menawarkan solusi dan edukasi bagi partner bisnis dan pelanggan sebagai one stop solution dalam bidang food and beverages.

Syrup & puree Monin merupakan merek yang menjadi produk utama KMDS. Per 31 Maret 2020 penjualan MONIN berkontribusi 78,27% alias Rp 38,15 miliar dari total penjualan bersih. Segmen Possmei berkontribusi sebesar Rp 1,99 miliar atau 4,08% dan gabungan produk lain berkontribusi sebesar Rp 9,59 miliar atau 17,05%.

“Pada saat ini produk kami baru mencapai sekitar 35% dari segmen pasar industri minuman di Indonesia. Jadi KMDS masih memiliki potensial market yang sangat besar,” kata dia.

Baca Juga: Sudah melantai di BEI, ini target Kurniamitra (KMDS) selanjutnya

Pulau Jawa merupakan wilayah yang memiliki kontribusi terbesar untuk penjualan KMDS. Per tanggal 31 Maret 2020. Penjualan di Pulau Jawa berkontribusi sebesar Rp 40,68 miliar atau 83,47% dari seluruh penjualan bersih KMDS. Sedangkan penjualan di wilayah luar Pulau Jawa berkontribusi sebesar Rp 8,06 miiar atau sekitar 16,53%.

Pada tahun 2019, penjualan di pulau jawa berkontribusi sebesar Rp 120,65 miliar atau 80,1% dari seluruh penjualan bersih. Sedangkan penjualan di wilayah luar Pulau Jawa berkontribusi sebesar Rp 2,84 miliar atau sekitar 19,9%.

Usai penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO), Kurniamitra Duta Sentosa berencana memperluas jaringan pemasaran dengan pendistribusian ke daerah-daerah lain serta promosi yang dilakukan ke daerah yang belum dijangkau. Tahun ini, Kurniamitra Duta Sentosa akan memperluas retail dan pusat pelatihan di Surabaya dan Bali untuk mendukung distribusi di daerah tersebut. Saat ini Kurniamitra Duta Sentosa memiliki satu retail shop di Tangerang dan satu training centre di Jakarta, serta memiliki 23 jaringan distribusi yang tersebar di 20 kota besar.

Kurniamitra Duta Sentosa juga memiliki rencana pengembangan berupa penambahan jaringan distribusi baru di wilayah Bangka Belitung, Manadi, Sorong, Palu. “Karena kami melihat adanya potensi pasar yang cukup baik,” jelasnya.

Baca Juga: Analis: Emiten baru yang menawarkan ekspansi menarik untuk jangka panjang

Adapun dari IPO Kurniamitra Duta Sentosa mengantongi dana hingga Rp 48 miliar. KMDS melepas 160 juta saham atau 20% dari modal disetor dengan harga penawaran Rp 300 per saham.

KMDS juga akan menggunakan dana IPO untuk modal kerja sebagai pembelian barang dagangan baik makanan ataupun minuman baik dengan pihak afiliasi maupun dengan pihak tidak terafiliasi. Di akhir tahun ini Kurniamitra Duta Sentosa akan menambah varian item susu Milk Lab yaitu macadamia dan oat.

Kurniamitra Duta Sentosa juga memiliki rencana untuk melakukan produksi dalam negeri. KMDS bakal mengundang produsen sirup Monin dan susu Milk Lab untuk membuka pabrik di Indonesia sehingga bisa memberikan nilai tambah seperti membuka lapangan kerja, biaya lebih efisien, produk bisa lebih bersaing, bisa memperluas pangsa pasar dan memberikan potensi untuk ekspor ke mancanegara. “KMDS masih merencanakan hal tersebut, kiranya akan dilakukan realisasi apabila penjualan sudah memadai yaitu sudah mencapai economies of scale,” jelas Dion.

Baca Juga: Melantai di bursa, saham Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) melesat 24,67%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×