kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Dicermati


Kamis, 09 Maret 2023 / 10:01 WIB
8 Keuntungan Investasi Emas yang Perlu Dicermati
ILUSTRASI. Keuntungan investasi emas bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. REUTERS/Kim Hong-Ji


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Apakah investasi emas menguntungkan? Keuntungan investasi emas memang menjadi pertanyaan bagi masyarakat yang ingin mulai berinvestasi di logam mulia tersebut.

Emas telah terbukti dapat menjaga nilai uang selama ribuan tahun. Selain itu, nilai emas juga masih bisa meningkat meski ada krisis ekonomi atau politik.

Kini pun banyak perusahaan yang menawarkan program tabungan investasi emas sehingga memudahkan semua kalangan untuk memiliki logam mulia tersebut. 

Lantas, apa saja keuntungan investasi emas? 

Baca Juga: Harga Emas Mencoba Rebound, Investor Menimbang Data Ekonomi AS dan Pengetatan The Fed

8 Keuntungan investasi emas 

Apakah investasi emas menguntungkan?

Dirangkum dari pemberitaan Kontan.co.id dan Gramedia, simak keuntungan investasi emas berikut ini:

1. Jadi alat tukar saat krisis 

Salah satu keuntungan investasi emas yakni dapat menjadi alat tukar saat krisis. Semua negara pasti pernah mengalami krisis keuangan. 

Untuk terhindar dari krisis itu, sebenarnya bisa mengandalkan tabungan emas yang dimiliki untuk digunakan menjadi alat tukar saat mata uang tengah tak terkendali. 

Apalagi, emas biasanya tidak terpengaruh inflasi sehingga lebih terkendali. 

Baca Juga: Produksi Feronikel Aneka Tambang (ANTM) Meningkat 28%

2. Jadi dana darurat 

Selain terhindar dari inflasi, keuntungan investasi emas bisa disetarakan dengan dana tunai karena lebih mudah dicairkan. 

Penggunaannya pun bisa dimaksimalkan untuk dana darurat ataupun kebutuhan mendesak lainnya. Tidak hanya dijual, emas juga bisa digadaikan jika membutuhkan dana mendesak. 

Baca Juga: Arah Bunga Kembali Naik, Begini Cara Mengelola Investasi

3. Tak ada bunga 

Tabungan emas ada yang berbunga namun ada juga yang tak menggunakan bunga. Namun, beberapa perusahaan penyelenggara layanan tabungan emas ada yang tidak memotong bunga. 

Contohnya seperti di pegadaian, orang yang memiliki tabungan emas tidak akan mengalami potongan karena bunga. Hal ini membuat keuntungan yang diperoleh nasabah tabungan emas berasal dari harga emas itu sendiri. 

Baca Juga: Nilai Tukar Rupiah Tertekan Pidato Hawkish The Fed

4. Lebih aman 

Karena mampu terhindar dari inflasi dan suku bunga tinggi, keuntungan investasi emas bisa dibilang lebih aman dibanding instrumen investasi lainnya. Fluktuasi emas tidak se-ekstrem fluktuasi saham maupun mata uang kripto. 

Walaupun aman, ada baiknya portofolio investasi tak semuanya ditaruh di investasi emas. Namun, sebaiknya tetap didiversifikasikan sesuai profil risiko Anda. 

Baca Juga: Harga Emas Spot Dekati Level Terendah Sepekan ke US$1.813,70, Rabu (8/3)

5. Hasilkan keuntungan 

Tak seperti saham dan mata uang kripto pada umumnya, menyimpan emas justru menghasilkan keuntungan. Pasalnya harga emas memang cenderung stabil dari zaman dulu hingga hari ini. 

Menyimpan emas ini tidak menghasilkan return cash flow, tapi akan menghasilkan capital gain. 

Capital gain ini akan terasa kalau jika investasi dilakukan dalam jangka panjang, seperti 8-10 tahun ini bisa 7-8 persen. Jadi cocok untuk milenial. 

Baca Juga: Instrumen Investasi Tertekan Fed Rate, Ini Strategi untuk Investor

6. Mudah dicairkan 

Keuntungan investasi emas ini bisa dibilang keuntungan utama berinvestasi emas. Keuntungan ini cukup menggiurkan, karena emas mudah dicairkan.

Berbeda dengan investasi lainnya yang sifatnya cenderung lebih sulit dicairkan, atau bahkan hanya dapat diklaim pada situasi-situasi tertentu saja.

Investasi emas memberikan sebuah keleluasaan bagi para investor atau pemegang investasi. Karena emas dapat dicairkan dalam bentuk uang tunai dengan cara yang lebih mudah dan cepat. 

Baca Juga: Banyak Masyarakat yang Terjerat Pinjol & Investasi Ilegal, Ini yang Dilakukan OJK

7. Melindungi nilai kekayaan

Keuntungan investasi emas juga bisa melindungi nilai kekayaan investor. Hal ini karena nilainya yang terus meningkat dari tahun ke tahun meskipun terhitung lambat. 

Sebuah perlindungan investasi emas terhadap kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dapat dicerminkan dari harganya yang selalu terbilang stabil. Bahkan cenderung mengalami kenaikan. 

Jadi, ketika ingin menjualnya kembali, seseorang yang berinvestasi emas akan cenderung mendapatkan hasil baik yang justru lebih tinggi dari saat membelinya.

Baca Juga: Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini (9/3) di Pegadaian Kompak Turun

8. Dapat dibeli sesuai keinginan 

Keuntungan investasi emas juga bisa dibeli sesuai keinginan. Saat ini ada cara mudah dan murah untuk bisa membeli emas. 

Banyak perusahaan yang menawarkan produk tabungan emas dengan minimal tabungan hanya Rp 100 ribu atau bahkan Rp 10 ribu saja. 

Demikian penjelasan mengenai keuntungan investasi emas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×