kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,63   4,30   0.48%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yield tinggi, obligasi Tanah Air dinilai bakal makin dilirik asing


Kamis, 29 Oktober 2020 / 19:16 WIB
Yield tinggi, obligasi Tanah Air dinilai bakal makin dilirik asing
ILUSTRASI. Ilustrasi foto Obligasi. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Intan Nirmala Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prospek pasar obligasi yang cerah hingga tahun depan, memungkinkan surat utang Indonesia di lirik asing. Pasalnya, dibandingkan dengan negara berkembang lainnya, daya tarik obligasi Tanah Air jadi yang paling menarik dengan yield yang besar. 

Sebagai informasi, indeks obligasi atau Indonesia Composite Bond Index (ICBI) ke level 300,90. Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana memperkirakan, tren kenaikan tersebut masih akan berlanjut hingga 1% di akhir tahun. Sedangkan untuk tahun depan, indeks obligasi bisa tumbuh ke level 320.

"Suku bunga yang sudah turun hingga empat kali tahun ini, harusnya bisa mendorong obligasi naik tinggi. Namun, karena pandemi di Maret dan April, harganya justru turun," kata Wawan kepada Kontan, Rabu (28/10).

Baca Juga: Tren penurunan suku bunga acuan menjadi katalis positif untuk kinerja INDON

Meskipun begitu, saat ini Wawan menilai harga obligasi Tanah Air sudah cenderung stabil dan cenderung akan terus menanjak. Prediksinya tahun depan yield SUN 10 tahun akan berada di bawah 6%, sedangkan untuk akhir tahun ini di rentang 6,3% hingga 6,5%. 

Tren yield yang rendah tersebut bakal didukung dengan tren suku bunga rendah dan potensi bagi Bank Indonesia (BI) untuk memangkas kembali suku bunga acuannya di sisa tahun ini ataupun awal tahun depan. Selain itu, tingkat inflasi Tanah Air juga masih terjaga di level rendah. 

"Tahun depan yield bisa di bawah 6% dengan syarat ekonomi normal, meskipun ekonomi nggak bisa tumbuh 5% tahun depan, kami ekspektasikan sekitar 3%,"ungkapnya. 

Sementara itu, spread antara yield SUN 10 tahun dengan US Treasury masih cukup jauh hingga tahun depan. Dengan spread yang lebar, dan yield yang tinggi dibandingkan beberapa negara berkembang di Asia, obligasi Indonesia jadi yang paling menarik dan bakal dilirik pertama kali oleh investor asing. 

Baca Juga: Setelah libur panjang pekan ini, rupiah berpotensi berbalik melemah terbatas

Apalagi, potensi kemenangan Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) selanjutnya, bakal membuka peluang bagi investor asing untuk merelokasi asetnya ke negara berkembang, termasuk Indonesia.

"Saingan kita India, tapi penderita Covid-19nya lebih parah, saingan lainnya Thailand tapi yield-nya tidak setinggi kita. Jadi dibandingkan negara berkembang lainnya obligasi kita jadi pilihan paling menarik bagi asing," jelasnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×