kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WIKA setor Rp 4 triliun untuk proyek kereta cepat


Selasa, 22 Maret 2016 / 20:16 WIB
WIKA setor Rp 4 triliun untuk proyek kereta cepat


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan mulai menyetor modal untuk Proyek High Speed Railway (HSR) Jakarta-Bandung sepanjang 142,3 kilometer (km). Total setoran modal dari WIKA mencapai Rp 4 triliun.

Proyek ini digarap bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Kereta Api Indonesia, PT Perkebunan Nusantara VIII, dan PT Jasa Marga Tbk dan membentuk PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). Di PSBI, WIKA mengempit 38% saham.

Pada tahun lalu, PSBI meneken Join Venture Agreement (JVA) dengan China Railway International Co. Ltd dan membentuk perusahaan penanaman modal asing (PMA) yang bernama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Dalam perusahaan ini, PSBI menggenggam 60% saham dan sisanya dimiliki China Railway.

Suradi, Sekretaris Perusahaan WIKA mengatakan, nilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini mencapai US$ 5,13 miliar atau setara dengan Rp 70,8 triliun. Dananya akan berasal dari setoran modal sebesar 25% dari pemegang saham KCIC. Nah, sisanya sebesar 75% akan dibiayai dari pinjaman perbankan dan lembaga keuangan lainnya.

Dengan hitungan itu, fasilitas pinjaman yang dibutuhkan mencapai Rp 53,12 triliun, sementara dana yang berasal dari modal KCIC sendiri mencapai Rp 17,7 triliun. "Dana akan disetorkan bertahap sesuai dengan kebutuhan proyek HSR," ujar Suradi dalam laporannya, Selasa (22/3).

Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan itu, maka pemegang saham proyek ini harus segera menyetor modalnya, termasuk WIKA. Karena WIKA mengempit 38% saham proyek tersebut, maka modal yang dikeluarkan sebanyak Rp 4,03 triliun dan akan disetor secara bertahap dari tahun 2016 hingga tahun 2019 mendatang.

Nantinya, dana ini akan digunakan PSBI untuk meningkatkan kepemilikan saham pada KCIC secara proporsonal. Saat ini, KCIC telah memperoleh penetapan trase jalur kereta cepat Jakarta-Bandung lintas Halim-Tegal Luar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×