kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Wall Street naik dipicu tweet Donald Trump dan stimulus ECB


Kamis, 12 September 2019 / 23:04 WIB

Wall Street naik dipicu tweet Donald Trump dan stimulus ECB
ILUSTRASI. Bursa AS

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Indeks utama Wall Street mengawali perdagangan di zona hijau pada Kamis (12/9). Sentimen positif datang setelah Amerika Serikat (AS) menunda kenaikan tarif dan Bank Sentral Eropa (ECB) merilis stimulus untuk meningkatkan perekonomian di kawasan tersebut.

Mengutip Reuters, pukul 11:18 waktu setempat, Dow Jones Industrial Average naik 48,88 poin atau 0,18% pada 27.185,92, S&P 500 naik 8,61 poin atau 0,29% pada 3.009,54, dan Nasdaq Composite naik 36,44 poin, atau 0,45%, pada 8.206,12.

Baca Juga: Wall Street berseri setelah ada laporan menuju kesepakatan dagang dengan China

Dalam tweet-nya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan menunda kenaikan tarif barang impor China senilai US$ 250 miliar dalam dua pekan sebagai “isyarat niat baik”.

Keputusan itu muncul setelah China membebaskan beberapa obat anti-kanker asal AS dan barang-barang lainnya dari tarif tambahan menjelang negosiasi perdagangan tingkat tinggi.

"Hanya itu yang seharusnya kita harapkan sekarang," Paul Nolte, portfolio manager Kingsview Asset Management.

Baca Juga: Trump: Langkah ECB memangkas suku bunga berdampak ke AS, tapi The Fed hanya duduk

"Baik China dan Amerika Serikat berusaha menjangkau di seberang lorong ... tapi yang mereka lakukan hanyalah menendang kaleng lebih jauh di jalan."

Saham teknologi yang sensitif terhadap perdagangan memberikan dorongan terbesar di antara 11 sektor indeks utama S&P 500. Indeks benchmark naik ke dalam 0,3% dari rekor tertinggi pada bulan Juli.

Sementara itu, ECB menyetujui paket stimulus baru, memangkas suku bunga deposito 10 basis poin ke rekor terendah dan memulai program pembelian obligasi. Federal Reserve AS juga diperkirakan akan memangkas suku bunga pada pertemuan kebijakan pekan depan.


Reporter: Yudho Winarto
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan


Close [X]
×