kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Tawaran Bunga Deposito Bank Digital Menggiurkan, Bagaimana Saran Perencana Keuangan?


Kamis, 04 Juli 2024 / 15:53 WIB
Tawaran Bunga Deposito Bank Digital Menggiurkan, Bagaimana Saran Perencana Keuangan?
ILUSTRASI. Ilustrasi industri keuangan, Deposito, Reksadana, Rupiah. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tren era bunga tinggi membuat sejumlah produk investasi yang ditawarkan bank terlihat menarik. Ambil contoh deposito, dengan bunga tinggi sebagian bank mau tidak mengerek suku bunga simpanannya demi menarik nasabah menyimpan dananya di bank. 

Dari amatan Kontan, selama enam bulan ini terdapat beberapa bank yang telah menaikkan bunga simpanannya. Misalnya saja Bank Jago yang semula telah menurunkan bunga depositonya, kemudian kembali menaikkannya pada Juni lalu.

Saat ini bunga deposito Bank Jago untuk simpanan Rp1 juta hingga Rp49,99 juta menjadi 4,25% per tahun. Kemudian, simpanan di Rp50 juta hingga Rp99,99 juta menjadi 4,75% per tahun dan di atas Rp100 juta adalah 5,25% per tahun.

Baca Juga: Bikin Sumringah! Cek Suku Bunga BluDeposito Terkini

Selain Bank Jago, Superbank tahun ini dengan berani menawarkan bunga simpanan tabungan tertinggi di industri, yakni sebesar 10% per tahun. Bisa dibilang ini tabungan rasa deposito. Rata-rata bank digital yang menawarkan bunga tabungan dan deposito yang lebih tinggi dibandingkan dengan bank umum konvensional.

Perencanaan Keuangan Mitra Rencana Edukasi, Mike Rini menyarankan, agar tidak menaruh portofolio investasi di satu tempat saja, apalagi di bank digital yang cenderung tidak dijamin oleh LPS.

"Deposito bank digital dengan bunga 8-9% per tahun cukup menarik saat ini, saya melihat deposito bank digital mungkin menjadi pilihan yang paling aman dan menarik untuk jangka pendek," ungkap Mike kepada Kontan, Rabu (3/7)

Menurut Mike produk deposito bank digital memberikan imbal hasil yang tinggi dengan risiko yang relatif lebih rendah. Mike menyarankan untuk menyimpan dana di bank digital dengan jangka waktu di bawah satu tahun.

Selanjutnya: Sarana Multigriya Finansial (SMF) Siapkan Dana untuk Lunasi Pokok dan Bunga Obligasi

Menarik Dibaca: Diguyur Hujan, Begini Prakiraan Cuaca Bekasi, Depok dan Bogor Besok (5/7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×