kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sukuk Ritel SR016 Resmi Ditawarkan!


Jumat, 25 Februari 2022 / 09:55 WIB
Sukuk Ritel SR016 Resmi Ditawarkan!
ILUSTRASI. Logo Sukuk Ritel (SR).


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah kembali meluncurkan instrumen pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Ritel (Sukuk Ritel). Instrumen sukuk ritel seri SR016 ini mulai ditawarkan hari ini (25/2).

“Kami menawarkan kepada warga negara Indonesia, sebuah investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Sukuk ritel ini mendapatkan pengawasan dari dewan syariah nasional yakni Majlis Ulama Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman dalam agenda virtual, Jumat (25/2).

Dia menambahkan, SR016 ini nantinya akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur Indonesia, termasuk dibidang pendidikan. Selain itu, bentuk investasi ini juga diharapkan dapat membentuk jalinan kebangsaan, menuju bangsa yang mandiri.

Asal tahu saja, SR016 akan ditawarkan pada 25 Februari-17 Maret 2022. Kupon yang ditetapkan pemerintah untuk SR016 sebesar 4,95% per tahun. Jatuh tempo SR016 terjadi pada 10 Maret 2025 mendatang.

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan Kupon SR016 di Level 4,95%

SR016 dapat dibeli melalui sistem elektronik yang dikenal dengan e-SBN, dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun selama masa penawaran.

Selain itu, pembelian juga dapat dilakukan melalui mitra distribusi yang ditunjuk oleh pemerintah secara online. Seperti bank, perusahaan sekuritas, perusahaan fintech, dan perusahaan teknologi lainnya.

Adapun, Luky bilang, investasi ini dapat dilakukan oleh seluruh generasi. “Misalnya sahabat sukuk yang masih di bangku kuliah, dan ingin menyisihkan uang jajannya untuk yang lebih bermanfaat, para pekerja muda yang sedang belajar investasi, ataupun orang tua yang sedang menyiapkan dana pension dapat menggunakan SR016 ini sebagai alternatif investasi,” jelasnya.

Lebih lanjut Luky bilang, manfaat dari investasi pada SR016 ini dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Indonesia di masa yang akan datang dan juga turut ikut berkontribusi dalam proses pembangunan Indonesia yang lebih baik.

Baca Juga: Kupon SR016 Lebih Tinggi, Minat Investor Berpotensi Meningkat

Sebab, dengan turut berkontribusi dalam investasi ini, maka sekaligus bisa membantu dan ikut andil dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

“Jika berinvestasi di sukuk ini, maka tidak hanya menguntungkan Anda tetapi juga untuk masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×