kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rekomendasi Saham BBRI, BMRI, BBTN Usai Tembus All Time High


Rabu, 26 Juli 2023 / 22:33 WIB
Simak Rekomendasi Saham BBRI, BMRI, BBTN Usai Tembus All Time High
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi keuangan melalui ATM Drive Thru BRI di Tengerang Selatan,


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saham beberapa bank BUMN seperti BBRI, BMRI, dan BBTN sempat ditutup menguat hingga mencapai level tertinggi baru sepanjang masa (all time high). Bahkan saham BBRI kembali mencetak rekor tertinggi pada Rabu (26/7), per pukul 11.37 WIB ke level Rp 5.700.

BMRI juga kembali ke level all time high di Rp 5.550. Pertama kali BMRI mencapai level ini di Jumat (21/7) lalu. BBTN juga sempat all time high di Selasa (18/7) lalu di Rp 1.370 per saham, meski sekarang sudah turun jadi Rp 1.320 per saham.

Investment Analyst Infovesta Kapital Advisori Fajar Dwi Alfian mengatakan, prospek saham bank BUMN masih cukup prospektif.

Di tengah sentimen musim politik, dan masih baiknya proyeksi pertumbuhan kredit bank-bank BUMN. Sementara secara valuasi masih cukup fair, namun laba juga masih akan kuat.

Baca Juga: Begini Proyeksi IHSG Hingga Akhir 2023

"Bagi investor yang mau masuk mungkin bisa menyicil, karena ada potensi profit taking, namun sampai akhir tahun masih ada potensi upside. Sentimen dan ekspektasi sampai akhir tahun masih baik," katanya kepada kontan.co.id, Rabu (26/7).

Research Analyst Infovesta Kapital Advisori Arjun Ajwani menambahkan bahwa kenaikan harga saham bank-bank BUMN tersebut merupakan efek dari fundamental yang solid serta valuasi yang masih menarik.

"Menurut saya ini top picks untuk dibeli, potensinya bagus. Saya rekomendasikan beli saham emiten perbankan top 4 (BBRI, BMRI, BBNI, BBCA) untuk long term (jangka panjang)," ucap Arjun.

Arjun optimistis ke depan kinerja saham bank-bank tersebut semakin bagus. Hal ini dilihat dari prospektif outlook untuk jangka panjang.

Maklum saja hingga saat ini bank BUMN seperti BBRI masih menjadi kontributor laba terbesar bagi Kementerian BUMN. Lain halnya dengan perusahaan-perusahaan BUMN Karya yang masih tersandung sentimen negatif terkait masalah hutang yang juga bisa berdampak pada prospek sahamnya.

"Jadi untuk saham perseron perbankan top 4 seperti BBRI, BBNI, BMRI dan BBTN saya optimis terhadap kinerja saham mereka," ujar Arjun.

Baca Juga: Analis Buana Capital Rekomendasikan Buy Saham BBRI, Ini Alasannya

Sementara Analis Trimegah Sekuritas Amyra Ibrahim mengungkapkan, saham bank BUMN diprediksi bertumbuh lebih pesat sepanjang semester II-2023. Pertumbuhan didukung oleh normalisasi bisnis dan jelang pelaksanaan pemilu.

"Sektor perbankan masih memiliki ruang yang memadai untuk mendukung pertumbuhan kredit. Bank masih bisa mengandalkan dananya untuk menjangkau permintaan kredit, sehingga bisa menekan cost of fund,” katanya.

Menurutnya, pertumbuhan kredit diperkirakan datang dari segmen konsumsi dan usaha kecil sepanjang paruh kedua tahun ini. Hal ini tentu akan berimbas positif bagi sektor perbankan didukung yield yang lebih baik, sehingga margin bunga bersih (NIM) diprediksi tetap membaik.

Amyra merekomendasikan BBRI di beli dengan target harga Rp 6.200. Sedangkan saham BMRI direkomendasikan beli dengan target harga Rp 5.900.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×