kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak, ini sejumlah saham yang cuan dan ciong di tahun Kerbau Logam


Senin, 01 Februari 2021 / 12:18 WIB
Simak, ini sejumlah saham yang cuan dan ciong di tahun Kerbau Logam
ILUSTRASI. Segala sesuatu yang berhubungan dengan yin metal dan unsur air, akan sangat tertolong tahun ini.


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tanggal 12 Februari 2021 merupakan pergantian Tahun Baru Imlek 2572 Kongzili. Dalam astrologi Tionghoa, tahun ini merupakan tahun Kerbau Logam.

CEO & Founder Ara Hunter Hendra Martono Liem mengatakan, tahun kerbau logam merupakan tahun yin metal atau logam kecil. Dia mengibaratkan, yin metal sebagai logam-logam berbentuk kecil seperti jarum dan belati yang tersembunyi.

Hendra menilai, segala sesuatu yang berhubungan dengan yin metal dan unsur air, akan sangat tertolong tahun ini. Pada enam bulan pertama tahun ini merupakan momentum bagi sektor pertambangan, tetapi bagi tambang yang bersifat metal seperti nikel dan emas. Saham seperti PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) bisa diperhatikan oleh investor.

Untuk saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) dan PT Vale Indonesia Tbk (INCO), meskipun cenderung turun saat ini, tetapi akan mulai bangkit lagi di Februari ini. “Mereka akan mulai menemukan pijakannya dan start kembali. Metal based akan sangat bagus tahun ini,” terang Hendra kepada Kontan.co.id, belum lama ini.

Baca Juga: Masuki Tahun Kerbau Logam, ini bisnis yang punya prospek bagus

Dalam pengamatan Hendra, sektor perbankan juga mengandung unsur logam. Dia mengibaratkan, bentuk fisik uang di zaman dulu adalah logam. Namun sepengamatan dia, emiten yang akan berjaya di tahun kerbau logam bukanlah logam besar atau perbankan besar, tetapi merupakan perbankan kecil. Perbankan skala kecil ini akan jadi jagoan tahun ini. Seperti misalnya PT Bank Jago Tbk (ARTO) atau perbankan lain yang akan menjadi bank digital.

Sementara sektor yang dinilai kurang bagus secara fengshui adalah yang unsurnya bisa dikalahkan dengan yin metal. Metal mengalahkan kayu, segala sesuatu yang berhubungan dengan kayu, salah satunya adalah crude palm oil (CPO). Harga CPO harusnya bisa meningkat, tetapi pada bulan pertama 2021, harga CPO malah tidak begitu bagus.

Hendra menilai CPO akan bagus mulai Agustus hingga Februari. Pun demikian dengan unsur logam besar, seperti mobil konvensional (non listrik) serta peralatan besar hardware (perlengkapan besar) dinilai kurang bersinar tahun ini.

“Kita tahu yang sifatnya besar-besar saat ini hampir tidak berjalan semua. Covid-19 masih berdampak, paling minim akan reda 2022. Semua yang bersifat besar-besar tidak begitu bagus tahun ini,” sambung Hendra.

Baca Juga: Cuan Jagoan di Tahun Kerbau Logam

Sektor yang bersifat api, seperti restoran dan hiburan juga diproyeksi akan mengalami kesulitan tahun ini. Hendra mengatakan, untuk bertahan di tahun Kerbau Logam, para pelaku usaha di sektor ini harus memiliki cara agar elemen api bisa berubah menjadi air. Karena di tahun ini yang akan berjaya adalah air dan metal yin. Air diibaratkan seperti segmen distribusi dan penjualan gerak cepat.

Salah satu cara agar mengubah unsur api menjadi air, adalah dengan mengubah cara distribusinya. Misalkan menayangkan film di layanan internet over the top (OTT), bukan di bioskop.

Di bulan Agustus, pelaku pasar juga bisa mencermati sektor properti. Properti adalah unsur yang mendukung logam dan unsur yang mengalahkan air. Properti akan mengalami dampak yang cukup bagus mulai Agustus. Karena dalam sejarah metafisik Tionghoa, unsur yang paling besar dalam kerbau adalah tanah.

Sementara itu, Hendra menilai hambatan secara umum di tahun kerbau logam ini bisa berbentuk peraturan yang sering berubah-ubah, sehingga berdampak ke masyarakat. “Kita sebenarnya sudah siap-siap melangkah. Tiba-tiba  ada duri dalam sepatu, dan kita terpaksa berhenti,” pungkas dia. 

Baca Juga: Simak rekomendasi Suhu Yo tentang saham berprospek bagus di tahun kerbau logam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×