kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Satgas Waspada Investasi kembali menghentikan 49 investasi bodong


Jumat, 06 September 2019 / 18:11 WIB
Satgas Waspada Investasi kembali menghentikan 49 investasi bodong
ILUSTRASI. Ilustrasi Investasi Bodong

Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Satgas Waspada Investasi dalam penindakannya kembali menghentikan 49 entitas penawaran investasi yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Tobing mengatakan, keberadaan 49 entitas yang diduga melakukan kegiatan usaha tanpa izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat.

"Dari 49 entitas tersebut di antaranya melakukan kegiatan: 40 Trading Forex tanpa izin, tiga Investasi uang tanpa izin, tiga Investasi teknologi aplikasi, satu Jasa penutup kartu kredit, satu jasa penerbitan kartu ATM, satu Investasi bisnis online," kata Tongam Tobing dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Jumat (6/9).

Baca Juga: Tak silau memilih tawaran investasi emas

Tongam Tobing mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memahami hal-hal seperti memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Selanjutnya, memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar.

"Masyarakat juga harus memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," jelas Tongam Tobing.

Baca Juga: Tawaran investasi bodong marak lagi, ini tips untuk menghindarinya

Asal tahu saja, total entitas yang diduga dilakukan tanpa izin dari otoritas yang berwenang dan berpotensi merugikan masyarakat yang telah dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi selama tahun 2019 sebanyak 226 entitas.




TERBARU

×