kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rupiah Hari Ini Berpotensi Menguat Terbatas, Simak Sentimen Penggeraknya


Kamis, 21 Maret 2024 / 07:30 WIB
Rupiah Hari Ini Berpotensi Menguat Terbatas, Simak Sentimen Penggeraknya
ILUSTRASI. Petugas menunjukkan uang dolar AS dan uang rupiah di salah satu kantor cabang PT. Bank Mandiri Persero Tbk, Jakarta, Selasa (31/1/2023). ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Rupiah melanjutkan tren pelemahan dari awal pekan, pada Rabu (20/3). Investor mengkhawatirkan nada hawkish pada pertemuan The Fed, Kamis (21/3) dinihari waktu Indonesia.

Mengutip Bloomberg, Rabu (20/3), kurs rupiah spot melemah 0,03% ke Rp 15.723 per dolar AS. Sementara nilai tukar rupiah rupiah Jisdor Bank Indonesia (BI) melemah 0,09% ke Rp 15.727 per dolar AS.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, rupiah terdampak investor yang masih menunggu isyarat arah suku bunga pada FOMC The Fed. Para pedagang mengkhawatirkan potensi sikap hawkish dari bank sentral, mengingat inflasi yang tercatat lebih tinggi dari perkiraan selama dua bulan terakhir.

Fokus khususnya tertuju pada konferensi pers dengan Ketua Fed, Jerome Powell, setelah pertemuan. Bank sentral berpotensi bersikap hawkish dan memangkas prospek penurunan suku bunga tahun ini.

Baca Juga: Kurs Rupiah Jisdor Melemah 0,09% ke Rp 15.727 Per Dolar AS, Rabu (20/3)

“Pasar sekarang terfokus pada kesimpulan pertemuan Fed, di mana bank sentral AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya,” tulis Ibrahim dalam risetnya, Rabu (20/3).

Dari Asia, pasar nilai tukar dipengaruhi langkah Bank of Japan (BoJ) untuk menjauh dari suku bunga negatif dan pengendalian kurva imbal hasil. Selain itu, Bank Sentral Tiongkok (PBOC) mempertahankan suku bunga acuan pinjamannya tidak berubah seperti yang diharapkan pada hari Rabu (20/3).

Sementara itu, Ibrahim melihat, sentimen internal yang mempengaruhi rupiah adalah langkah Bank Indonesia (BI) yang memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 6% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) 19-20 Maret 2024. Suku bunga deposit facility tetap di posisi 5,25% dan lending facility sebesar 6,75%.

Di sisi lain, pasar juga sedang menunggu pengumuman resmi hasil Pemilu yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede mencermati, rupiah pada Rabu bergerak datar (sideways) di tengah sentimen investor yang cenderung menunggu hasil rapat FOMC. Kecenderungan ini terefleksi dari pergerakan mata uang Asia lainnya.

Dimana sebagian besar mata uang Asia cenderung bergerak dalam rentang yang terbatas kecuali Dollar Taiwan, Peso Filipina, dan Yen Jepang.

Sementara dari internal, rupiah dipengaruhi keputusan Bank Indonesia (BI) yang mempertahankan suku bunganya di level 6,00%, sejalan dengan usaha BI untuk menjaga stabilitas moneter. Di samping itu, Bank Indonesia melihat pemotongan suku bunga Fed akan terjadi pada semester kedua 2024.

Baca Juga: Rupiah Melemah ke Rp 15.723 Per Dolar AS, Rabu (20/3) Setelah BI Menahan BI Rate

“Sehingga masih akan ada gejolak di pasar keuangan dalam jangka pendek,” ungkap Josua kepada Kontan.co.id, Rabu (20/3).

Menurut Josua, rupiah berpotensi bergerak menguat terbatas di perdagangan Kamis (21/3), sejalan dengan proyeksi hasil rapat FOMC. Josua pun memproyeksi rupiah akan bergerak dalam rentang Rp15.650 – Rp 15.750 per dolar AS di perdagangan Kamis (21/3).

Sedangkan, Ibrahim memprediksi rupiah akan ditutup melemah pada rentang Rp15.710 – Rp15.780 per dolar AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×