kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.33%
  • RD.CAMPURAN -0.01%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Ramai buyback saham, simak saran analis agar investor dapat cuan


Kamis, 22 Juli 2021 / 22:12 WIB
Ramai buyback saham, simak saran analis agar investor dapat cuan
ILUSTRASI. Ramai buyback saham, simak saran analis agar investor dapat cuan

Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Sepanjang bulan Juli 2021, sejumlah emiten mengumumkan akan melakukan pembelian kembali saham atawa buyback. Menurut catatan Kontan.co.id, terdapat lima emiten yang berencana buyback yaitu BBNI, ROTI, SCMA, MEDC, dan PALM

Menurut catatan Kontan.co.id, emiten-emiten itu mengalokasikan dana antara Rp 54,28 miliar hingga Rp 1,7 triliun untuk melakukan pembelian kembali saham. Adapun alokasi dana terbesar dikeluarkan oleh BBNI hingga Rp 1,7 triliun.

Setelahnya ada SCMA yang menyisihkan dana hingga Rp 1 triliun. Adapun MEDC dan PALM akan menyiapkan dana sebanyak-banyaknya  Rp 130,5 miliar dan Rp 54,28 miliar. 

Sementara itu, ROTI berencana buyback sebanyak-banyaknya 300 juta saham dengan harga maksimal Rp 1.600 per saham. Dengan demikian, menurut perhitungan Kontan, ROTI menganggarkan dana kurang lebih Rp 480 miliar. 

Baca Juga: Masih PPKM Darurat, CIMB Niaga dorong nasabah bayar tagihan pakai OCTO Mobile

Analis Sucor Sekuritas Hendriko Gani mengungkapkan, buyback sebenarnya dapat menguntungkan investor. Penurunan harga yang terjadi pada periode buyback cenderung lebih minim karena buyback dapat menahan downside pergerakan saham. 

"Ada buyer yang siap melakukan pembelian apabila harga turun," ujar Hendriko kepada Kontan.co.id, Kamis (22/7). Selain itu, pembelian kembali saham memberikan sinyal bahwa saham sebenarnya masih undervalue, menurut emitennya. 

Oleh karena itu, investor dapat memanfaatkan momentum ini dengan pembelian jangka panjang apabila yakin fundamental perusahaan masih baik dan saham yang diperdagangkan dalam valuasi murah. 

 

 

Investor juga bisa memanfaatkannya untuk jangka pendek dan menengah dengan analisa teknikal . Akan tetapi untuk dua strategi itu, investor perlu mencermati metode pembelian masing-masing emiten.

Baca Juga: Harga undervalued, Bank BNI (BBNI) akan buyback saham hingga Rp 1,7 triliun

Sebab, buyback saham tidak akan mengerek harga saham apabila dilakukan secara bertahap atau pelan-pelan. Berbeda ketika dilakukan secara agresif atau langsung buy di berapapun harga penawarannya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×