kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prospek batubara membaik, ini saham emiten Grup Indika pilihan analis


Selasa, 06 April 2021 / 21:03 WIB
Prospek batubara membaik, ini saham emiten Grup Indika pilihan analis
ILUSTRASI. PT Petrosea Tbk (PTRO) menjadi satu-satunya perusahaan di Grup Indika yang mencetak kenaikan laba bersih pada tahun 2020


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Indika Energy Tbk (INDY) menjadi salah satu emiten tambang batubara yang mengalami penurunan kinerja sepanjang tahun 2020. INDY membukukan kerugian senilai US$ 117,54 juta, naik dari rugi bersih tahun sebelumnya yang hanya US$ 18,16 juta.

Kenaikan rugi bersih INDY tidak terlepas dari penurunan pendapatan yang mencapai 25,34% menjadi US$ 2,07 miliar sepanjang tahun lalu. Sebagai gambaran, pendapatan INDY tahun 2019 mencapai US$ 2,78 miliar.

Penurunan pendapatan konsolidasian INDY juga disebabkan oleh penurunan kinerja anak usahanya, yakni  PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) dan PT Petrosea Tbk (PTRO), di mana kedua emiten ini membukukan penurunan pendapatan. Hanya saja, PTRO berhasil mencetak kenaikan laba bersih.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas menilai, kinerja INDY berpeluang membaik seiring kenaikan atau membaiknya harga batubara. Sukarno menyebut, harga batubara memiliki potensi untuk kembali menguji level US$ 95 per ton dan bisa berlanjut ke level US$ 100 per ton.

“Untuk level suport di level US$ 88 per ton, untuk tetap dalam tren kenaikan hingga akhir tahun,” terang Sukarno kepada Kontan.co.id, Selasa (6/4).

Baca Juga: Kembangkan Patimban, Indika (INDY) siapkan capex US$ 400 juta dalam 7 tahun pertama

 

Adapun diversifikasi usaha yang dilakukan INDY, salah satunya ke segmen pembangkit listrik tenaga surya, akan berdampak baik bagi kinerja jangka panjang emiten batubara ini. Hal tersebut karena diversifikasi akan mengurangi ketergantungan (eksposur) INDY terhadap fluktuasi bisnis batubara.

“Dari pihak INDY juga menargetkan nantinya (diversifikasi) bisa berkontribusi sampai 50% dari pendapatan,” sambung dia.

Dari tiga saham emiten Grup Indika, Sukarno menilai PTRO lebih menarik. Jika dilihat, kinerja terakhir PTRO masih mampu bertumbuh dan secara valuasinya juga saat ini tergolong undervalued.

Sebagai gambaran, PTRO membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$32,28 juta, naik 3,53% dari US$31,18 juta pada tahun sebelumnya. Hal ini berbanding terbalik dengan INDY dan MBSS yang menanggung kerugian.

Saat ini, price to earnings (PE) PTRO  berada di 4.34 kali dan dengan price to  book value (PBV) di 0.61 kali. Sukarno memberi rekomendasi beli untuk saham PTRO dengan target harga di Rp 2.800.

 

Selanjutnya: Catatkan kerugian Rp 1,3 triliun di 2020, Acset Indonusa (ACST) absen bagi dividen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×