kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Potensi imbal hasil DIRE Simas Plaza Indonesia hingga 8%


Kamis, 04 Juli 2019 / 19:48 WIB
Potensi imbal hasil DIRE Simas Plaza Indonesia hingga 8%

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinarmas Asset Management resmi mendaftarkan Dana Investasi Real Estate (DIRE) baru bernama DIRE Simas Plaza Indonesia di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (04/07).

Instrumen investasi ini dicatatkan dengan kode efek XSPI. Sebelum dicatatkan di BEI, instrumen ini telah ditawarkan melalui penawaran umum pada periode 19 hingga 21 Juni 2019.


Dalam penawaran tersebut, instrumen ini dibuka pada harga Rp 500 per unit. Sementara itu, unit penyertaan yang ditawarkan berjumlah 1 miliar hingga 20,8 miliar unit penyertaan.

Dengan demikian, dana yang dikumpulkan dari investor dalam penerbitan instrument ini mencapai Rp 10,4 triliun. Investor yang terlibat dalam penawaran tersebut terdiri dari investor asing, lokal, dan juga ritel (masyarakat).

DIRE Simas Plaza Indonesia merupakan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal. Dana yang terhimpun selanjutnya akan diinvestasikan pada aset real estate baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sejauh ini, DIRE Simas Plaza Indonesia telah melakukan investasi melalui PT Plaza Indonesia Investama dengan membeli 95,37% saham PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN) dan 100% saham PT Sarana Mitra Investama.

PT Plaza Indonesia Realty Tbk merupakan pemilik dari Plaza Indonesia Shopping Center, The Plaza Office Tower, dan Hotel Grand Hyatt Jakarta. Sementara itu, PT Sarana Mitra Investama memiliki saham di PT Plaza Lifestyle Prima yang merupakan pihak pengelola fx Sudirman.

Menurut keterangan Associate Director PT Sinarmas Asset Management Alex Iskandar, potensi imbal hasil yang bisa diperoleh investor dapat mencapai 6 hingga 8%.

Namun demikan, Iskandar mengatakan, besaran tersebut bergantung pada beberapa hal seperti tingkat okupansi hotel serta rental income yang diperoleh.

“Rental income-nya kan kita ada fx Sudirman, ada shopping center sama The Plaza. Itu kan naik turun” ujar Iskandar kepada Kontan.co.id.

Berdasarkan pres rilis yang diedarkan oleh PT Sinarmas Asset Management, hasil investasi yang terkumpul akan dibagikan sebesar 100% dari pendapatan yang diperoleh DIRE Simas Plaza Indonesia setelah dikurangi pajak dan biaya-biaya lainnya dalam suatu tahun buku. Hasil ini akan dibagikan setiap 6 bulan sekali.

Unit penyertaan DIRE Simas Plaza Indonesia dapat dibeli dengan pembelian minimum 1 lot atau 100 unit penyertaan. Pembelian dapat dilakukan melalui pasar sekunder di BEI melalui mekanisme bursa.




TERBARU
Terpopuler

×