Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menjalin kerja sama strategis dengan Huawei Indonesia untuk pengembangan layanan Business to Business (B2B) sekaligus memperluas pangsa pasar korporasi.
Direktur Strategic Portfolio Telkom, Budi Setyawan Wijaya, mengatakan lewat kerja sama ini, TLKM dan Huawei akan menyediakan layanan digital could untuk segmen B2B.
"Kami akan mengeksplorasi layanan digital could dan data center untuk memperkuat bisnis B2B dan meningkatkan revenue serta profitabilitas," jelas dia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (19/12).
Baca Juga: Induk Usahanya OCBC Ltd. Dapat Gugatan, OCBC Indonesia Buka Suara
Budi bilang kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan kesempatan dalam menumbuhkan aliran pendapatan baru untuk segmen B2B Telkom yaitu konglomerasi, pemerintah, dan usaha kecil-menengah (UKM).
"Telkom dapat memperkuat kapabilitas di bisnis B2B melalui kerja sama strategis dengan para pemain teknologi global sambil memberikan solusi digital," jelas Budi.
Ke depannya, Huawei Indonesia menyatakan akan terus meningkatkan pembangunan infrastruktur digital untuk membangun jaringan cloud untuk mendorong digitalisasi di Indonesia.
Kerja sama ini telah tertuang dalam Nota Kesepahaman yang diteken oleh Budi Setyawan Wijaya dan CEO of Carrier Network Business Group Huawei Indonesia, Steven Wang pada 14 Desember 2023.
Baca Juga: Jalin Pembayaran Nusantara Dukung Bank dan Fintech Hadapi Lonjakan Transaksi Keuangan
Usai melebur IndiHome ke dalam PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), TLKM memang fokus menggarap segmen B2B. Sebelumnya emiten pelat merah ini telah meluncurkan Indibiz.
Produk anyar ini menyasar segmen small medium enterprise (SME) alias UKM pada Juli 2023. Di tahap awal ini, Indibiz akan fokus melebarkan sayapnya ke tujuh regional yang tersebar di seluruh Indonesia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News