kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Peringkat Utang Agung Podomoro Turun ke Level Sampah, Saham APLN Dibuka di Zona Hijau


Jumat, 19 Juli 2019 / 09:32 WIB
Peringkat Utang Agung Podomoro Turun ke Level Sampah, Saham APLN Dibuka di Zona Hijau

Reporter: Herry Prasetyo | Editor: Herry Prasetyo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings dan Moody's Investors Service memangkas peringkat utang PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) belum berdampak terhadap pergerakan harga saham APLN.

Pada perdagangan hari ini, Jumat (19/7), harga saham APLN justru dibuka di zona hijau. Pada pembukaan perdagangan pagi ini, harga saham APLN dibuka di posisi Rp 224 per saham.

Jika dibandingkan dengan harga penutupan perdagangan kemarin, Kamis (18/7), harga saham APLN naik 0,9%. Pada perdagangan kemarin, harga saham APLN ditutup di posisi Rp 222 per saham.

Pagi ini, harga saham APLN malah sempat naik di posisi Rp 228 per saham. Pada pukul 09.25 WIB, harga saham APLN berada di posisi Rp 222 per saham, sama dengan posisi penutupan pada perdagangan kemarin.

Seperti diketahui, Fitch Ratings kemarin menurunkan peringkat utang Agung Podomoro dari B- menjadi CCC-. Peringkat CCC biasanya dikategorikan sebagai peringkat junk alias sampah. Sementara Moody's sebelumnya menurunkan peringkat utang Agung Podomoro dari B1 menjadi B2.

Fitch menurunkan peringkat utang Agung Podomoro karena perusahaan ini kesulitan mencari dana yang akan digunakan untuk refinancing obligasi yang akan segera jatuh tempo. APLN juga harus membayar pinjaman sindikasi Rp 1,178 triliun.

Agung Podomoro sudah berhasil memperoleh dana Rp 750 miliar untuk membayar utang dan refinancing. Tapi emiten ini masih kekurangan sekitar Rp 550 miliar.




TERBARU

Close [X]
×