Reporter: Kenia Intan | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan kosmetik PT Mandom Indonesia Tbk mengantongi penjualan hingga Rp 2,8 triliun di sepanjang tahun 2019. Penjualan tersebut naik 5,6% dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 2,65 triliun.
Sekretaris Perusahaan PT Mandom Indonesia Tbk Alia Dewi menjelaskan kenaikan penjualan tersebut ditopang oleh penjualan domestik maupun ekspor yang sama-sama bertumbuh.
Berdasar keterbukaan informasi yang disampaikan Kamis (21/2), penjualan domestik berkontribusi 73,21% atau setara Rp 2,05 triliun dari total penjualan tahun 2019.
Baca Juga: Pelaku industri kosmetik dorong promosi dan penjualan diberbagai lini
Penjualan domestik tersebut tumbuh 3,54% dari tahun 2018 yang tercatat Rp 1,98 triliun. Sementara itu, penjualan ekspor emiten berkode TCID itu tercatat Rp 753,86 miliar, naik 8,16% dari tahun 2018 yang sebesar Rp 697 miliar.
Lebih lanjut Alia menjelaskan, penjualan domestik TCID ditopang oleh produk kategori kosmetik wanita yang tumbuh signifikan. Adapun untuk pangsa pasar kosmetik wanita, Alia mengklaim Mandom Indonesia berada di posisi nomor dua.
Sementara itu, untuk penjualan ekspornya, Mandom Indonesia ditopang oleh produk-produk hair styling dan kosmetik. Misalnya, produk Pixy yang sudah diekspor ke Malaysia.
Baca Juga: Mandom Indonesia (TCID) gali potensi bisnis kosmetik di e-commerce