kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,82   1,25   0.16%
  • EMAS1.008.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.10%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pekan ini banjir pembagian dividen, simak tips dari analis berikut ini


Senin, 31 Agustus 2020 / 06:18 WIB
Pekan ini banjir pembagian dividen, simak tips dari analis berikut ini
ILUSTRASI. Sejumlah emiten akan membagian dividen di awal bulan September

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada pekan ini, para investor tanah air akan panen berkah. Berdasarkan catatan Kontan.co.id, sedikitnya ada 20 emiten yang akan membagikan dividen di awal bulan September ini. 

Emiten-emiten ini berasal dari beragam sektor usaha dan juga memberi imbal hasil (yield) yang beragam pula. Hal tersebut akan terlihat dari dividend yield yang diberikan tiap perusahaan. 

Asal tahu saja, yield dividen merupakan tingkat keuntungan yang diberikan oleh emiten yang bersangkutan. Besaran dividend yield  dapat ditentukan dengan menghitung dividen per saham dibagi dengan harga pasar saham saat ini.

Baca Juga: Delta Djakarta (DLTA) bakal tebar dividen, Pemprov DKI kecipratan Rp 81,9 miliar

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menjelaskan, investor perlu memperhatikan besaran yield tersebut, apakah besarannya sama seperti dividen tahun-tahun sebelumnya atau tidak. “Tujuannya adalah untuk menghindari dividend trap atawa jebakan dividen,” kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (30/8).

Dividend trap sendiri merupakan salah satu risiko yang terjadi di balik pembagian dividen, yakni penurunan signifikan harga saham setelah jatuh ex date karena tertarik dengan yield dividen yang tinggi.

William menilai, dari jajaran emiten yang akan membagikan dividen di pekan ini, dividen yang ditawarkan oleh PT Colorpak Indonesia Tbk (CLPI) dan PT Inocycle Technology Group Tbk (INOV) cukup menarik. Terlebih karena INOV baru pertama kalinya membagikan dividen sejak melakukan initial public offering (IPO) pada Juli tahun lalu.

Untuk diketahui, CLPI membagikan dividen sebesar Rp 56,55 per saham yang berasal dari laba bersih tahun buku 2019. Pada Perdagangan akhir pekan lalu, saham CLPI ditutup naik 0,65% ke level Rp 775 per saham. Dus, besaran dividend yield saham CLPI untuk tahun buku 2019 sebesar 7,29%.

Sementara itu, besaran dividen INOV sebesar Rp 7,5 per saham. Dengan penutupan harga saham INOV di level Rp 246 pada Jumat (28/8), maka perusahaan ini menawarkan yield dividen sebesar 3,04%. 

Baca Juga: Ada 20 emiten yang bagi dividen awal September 2020, mana yang paling menarik?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×