kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo Tegaskan Peringkat idBBB+ untuk J Resources Asia (PSAB), Outlook Stabil


Rabu, 11 Oktober 2023 / 19:11 WIB
Pefindo Tegaskan Peringkat idBBB+ untuk J Resources Asia (PSAB), Outlook Stabil
ILUSTRASI. Pefindo menegaskan peringkat idBBB+ untuk J Resources Asia Pasifik (PSAB) serta Obligasi Berkelanjutan I dan MTN I


Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idBBB+ untuk PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) serta Obligasi Berkelanjutan I dan medium term notes (MTN) I yang diterbitkan.

Prospek atas peringkat emiten produsen emas ini adalah “stabil”.

Dalam keterangannya, analis Pefindo Kresna Wiryawan menilai peringkat yang disematkan mencerminkan sumber daya dan cadangan tambang PSAB yang cukup besar, fleksibilitas keuangan yang moderat, dan permintaan emas yang stabil.

Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh struktur permodalan Perusahaan yang agresif, eksposur terhadap fluktuasi harga emas, serta risiko terkait pengembangan tambang yang belum menghasilkan.

Baca Juga: Tiga Kali RUPO, J Resources (PSAB) Gagal Memperoleh Restu Restrukturisasi Utang

Peringkat dapat dinaikkan apabila PSAB telah secara penuh mengoperasikan proyek Doup sesuai dengan yang diproyeksikan yang dapat memperbaiki profil keuangan secara berkelanjutan.

Di sisi lain, peringkat dapat berada dalam tekanan apabila PSAB tidak dapat memperoleh pendanaan yang dibutuhkan secara tepat waktu yang dapat menunda konstruksi atas proyek Doup.

Keterlambatan ini dapat berdampak pada penurunan volume produksi yang signifikan dibanding yang diproyeksikan dalam waktu dekat dan berdampak negatif pada pendapatan PSAB yang dapat memperburuk profil keuangan PSAB.

“Penurunan signifikan atas harga emas juga dapat memicu penurunan peringkat, karena hal ini dapat memperburuk profil finansial PSAB,” tulis Kresna, Rabu (11/10).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×