kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,42   2,67   0.30%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Panorama Sentrawisata terbitkan obligasi Rp 200 M


Selasa, 12 Mei 2015 / 07:28 WIB
Panorama Sentrawisata terbitkan obligasi Rp 200 M
ILUSTRASI. Penderita diabetes biasanya akan mengalami luka yang lambat sembuh seperti tukak kaki diabetik kronis.


Reporter: Wahyu Satriani | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Investor kembali mendapat tawaran obligasi korporasi dengan kupon tinggi. Yang terbaru, PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR) merilis obligasi senilai Rp 200 miliar dengan kupon 11%.

Berdasarkan keterangan resmi perusahaan, obligasi ini berjangka waktu tiga tahun atau jatuh tempo pada 12 Mei 2018. Obligasi ini menggenggam pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 28 Juni 2013.

Maklum, surat utang korporasi ini merupakan bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) I senilai total Rp 500 miliar. Sebelumnya PANR telah menerbitkan PUB I tahap I senilai Rp 100 miliar pada Juli 2013.

Untuk surat utang teranyar ini, Mandiri Sekuritas dan OCBC Sekuritas bertindak sebagai penjamin pelaksana. Masa penawaran pada 6 Mei dan 7 Mei lalu. Rencananya, obligasi ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari Rabu (13/5) nanti. Selanjutnya, investor akan menerima pembayaran bunga pertama pada 12 Agustus 2015.

Analis PT Millenium Capital Management Desmon Silitonga mengatakan, tingginya kupon yang ditawarkan dipicu oleh persaingan memperebutkan dana investor yang kian ketat. "Oleh karena itu sebagian besar emiten memberikan kupon tinggi agar terserap sempurna," katanya.

Namun, bagi perusahaan, besaran kupon masih lebih baik apabila dibandingkan dengan kredit perbankan.

Sedangkan Fixed Income Analyst BNI Securities I Made Adi Saputra menilai kupon tinggi lantaran peringkat obligasi PANR di level A-. Alhasil, mereka menawarkan kupon premium 300 basis poin di atas SUN dengan tenor yang sama agar menarik bagi investor. Namun, peringkat A- membatasi investor yang masuk. Maklum, mayoritas investor institusi hanya menyerap obligasi dengan peringkat investment grade.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×