kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mitra Distribusi Optimistis Sukuk Tabungan ST009 Akan Terserap Optimal


Senin, 14 November 2022 / 17:49 WIB
Mitra Distribusi Optimistis Sukuk Tabungan ST009 Akan Terserap Optimal
ILUSTRASI. Periode penawaran sukuk tabungan ST009 berlangsung sejak 11 November 2022 sampai dengan 30 November 2022.


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para mitra distribusi Sukuk Tabungan (ST) seri ST009 optimistis investor retail akan menyerap Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tersebut dengan optimal. Periode penawaran sukuk retail ini berlangsung sejak 11 November 2022 sampai dengan 30 November 2022. 

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) misalnya, menargetkan dapat menjual ST009 sebesar Rp 150 miliar. Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, BRI optimistis ST009 bisa diserap dengan baik oleh investor retail.

Pasalnya, imbal hasil yang ditawarkan ST009 lebih besar dibandingkan dengan deposito perbankan, yakni sebesar 6,15% per tahun. Imbal hasil dengan tipe floating with floor juga menguntungkan karena saat suku bunga acuan Bank Indonesia naik, maka imbal hasil ST009 juga akan ikut naik. 

"Namun jika suku bunga acuan BI turun, imbal hasil ST009 tidak akan turun di bawah 6,15% per tahun," ucap Aestika kepada Kontan.co.id, Minggu (13/11).

Bagi investor retail nasabah BRI, sukuk tersebut dapat dibeli melalui aplikasi BRImo dengan nilai pembelian minimum yang cukup terjangkau, yakni Rp 1 juta.

Baca Juga: Sudah Bisa Beli Investasi Sukuk Tabungan ST009, Imbal Hasilnya 6,15% per Tahun

Kemudian, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) menargetkan penjualan 10% dari pangsa pasar seiring dengan kuota yang diterbitkan pemerintah. Untuk mencapai target penjualan, Bank Mandiri menerapkan strategi kampanye melalui superapps Livin' by Mandiri, beberapa media sosial resmi milik bank, LED Billboard, serta memaksimalkan berbagai saluran komunikasi resmi Bank Mandiri.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, ST009 memberikan pilihan berharga bagi investor obligasi dan deposan di tengah perjalanan pemulihan ekonomi Indonesia. ST009 menghadirkan keamanan berinvestasi dan prinsip syariah sebagai underlying transaksi.

"Sukuk ini juga memberikan manfaat dampak sustainable green economy karena alokasi dana yang terkumpul akan diarahkan kepada proyek-proyek infrastruktur pemerintah," kata Rudi.

Baca Juga: Tingkat Imbalan Kompetitif, Bank Commonwealth Optimistis ST009 Menarik

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Hera F. Haryn juga yakin investor retail akan menyerap surat utang ini secara maksimal. Menurutnya, sebagian besar masyarakat Indonesia telah sadar terhadap pentingnya persiapan masa depan dan investasi sehingga investasi sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok. 

BCA enggan memberitahukan target penjualan ST009 ini. Yang jelas, untuk mencapai targetnya, BCA menyediakan kemudahan untuk pendaftaran data investor (SID) melalui aplikasi Welma dan kantor cabang BCA.

"Selain itu, cara pemesanan dan pembayaran investasi ST009 juga mudah melalui aplikasi Welma dan KlikBCA.  Melengkapi kemudahan tersebut, investor dapat memperoleh promo menarik berupa cashback hingga Rp 1,5 juta, info lebih lanjut di bca.id/promost009," ucap Hera.

Baca Juga: Ditawarkan Hari Ini, ST009 Diprediksi Terjual Dengan Jumlah Besar

Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin menyampaikan, ST009 menarik karena memiliki imbalan yang lebih tinggi daripada sukuk tabungan seri sebelumnya, serta lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Hal ini menjadikan ST009 sangat cocok sebagai alternatif investasi di tengah tren kenaikan suku bunga saat ini. 

Keuntungan ST009 yang lain adalah, meski tidak diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya. Ini memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST009 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo tanpa adanya risiko pergerakan harga.

“Melihat tingkat imbalan yang kompetitif, kami optimis untuk penjualan ST009 dapat melebihi seri-seri ST sebelumnya," ungkap Daniel.

Baca Juga: Buka Tabungan Sekarang, Bisa Ikut Undian Berhadiah Mobil dan Emas

Untuk menarik minat investor, Bank Commonwealth menawarkan cashback hingga Rp 4 juta bagi nasabah yang membeli ST009 melalui CommBank SmartWealth. Kemudian, bagi nasabah yang mengunduh dan melakukan registrasi di CommBank SmartWealth untuk pertama kalinya selama periode program yang berlangsung sampai dengan 31 Desember 2022 juga berhak mendapatkan hadiah berupa saldo e-wallet senilai Rp 25.000.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya menambahkan, ST009 menarik untuk dibeli karena merupakan produk investasi syariah yang aman dijamin negara. Di samping itu, keuntungan yang didapatkan dari ST009 ini berupa kupon atau imbal hasil, yang bukan riba.

Menurut Reynold, potensi penjualan ST009 akan lebih banyak diserap oleh investor retail, khususnya generasi milenial. Hal ini karena produk ini bersifat aman sebab dijamin negara dan penjualan bisa dilakukan secara online sehingga mudah untuk diakses. 

Modalku menginformasikan penjualan ST009 kepada publik melalui berbagai saluran, seperti media sosial dan website Modalku. Perusahaan P2P lending ini juga menawarkan masyarakat kemudahan akses dalam bertransaksi, seperti proses pemesanan yang dapat dilakukan secara online serta pilihan pembayaran melalui virtual account.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×