kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,12   2,37   0.26%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat Imbalan Kompetitif, Bank Commonwealth Optimistis ST009 Menarik


Sabtu, 12 November 2022 / 13:26 WIB
Tingkat Imbalan Kompetitif, Bank Commonwealth Optimistis ST009 Menarik
ILUSTRASI. Tingkat kupon awal sukuk tabungan seri ST009 ditetapkan sebesar 6,15% per tahun.


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memulai penawaran Surat Berharga Negara (SBN) ritel terakhir pada tahun ini yaitu Sukuk Tabungan seri ST009. Masa penawaran berlangsung 11-30 November 2022. Bank Commonwealth sebagai mitra distribusi ST009 optimistis sukuk tabungan tersebut akan menarik minat investor.

ST009 ditawarkan dengan tipe kupon mengambang dengan batasan minimal (floating with floor), dengan tingkat kupon mengacu pada Bank Indonesia (BI) 7-Day (Reverse) Repo Rate ditambah dengan spread tetap sebesar 1,4%. Artinya besaran kupon akan disesuaikan dengan perubahan suku bunga acuan BI setiap tiga bulan sekali. Tingkat kupon awal ditetapkan sebesar 6,15% per tahun.

Baca Juga: Ditawarkan Hari Ini, ST009 Diprediksi Terjual Dengan Jumlah Besar

Head of Investment Business Bank Commonwealth Daniel Arifin optimis untuk penjualan ST009 dapat melebihi seri-seri ST sebelumnya karena melihat tingkat imbalan yang kompetitif.

"Untuk menarik minat investor, Bank Commonwealth menawarkan cashback hingga Rp 4 juta bagi nasabah yang membeli ST009 melalui CommBank SmartWealth. Nasabah dapat bertransaksi di mana saja dengan praktis dan nyaman untuk produk reksadana serta obligasi pemerintah,” ujar Daniel dalam siaran pers, Jumat (11/11).

Selain cashback, nasabah yang mengunduh dan melakukan registrasi di CommBank SmartWealth untuk pertama kalinya selama periode program yang berlangsung sampai dengan 31 Desember 2022 juga berhak mendapatkan hadiah berupa saldo e-wallet senilai Rp 25 ribu.

Baca Juga: Faktor Kupon dan Keamanan Menjadi Daya Pikat ST009

Daniel menjelaskan, imbalan ST009 lebih tinggi daripada sukuk tabungan seri sebelumnya, serta lebih tinggi daripada rata-rata bunga deposito bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selain karena risikonya yang relatif rendah karena pokok dan imbalan dijamin oleh negara, dengan tipe kupon floating with floor, apabila terdapat kenaikan pada suku bunga acuan BI maka tingkat imbalan yang diterima oleh investor ST009 juga naik mengikuti kenaikan tersebut. Hal ini menjadikan ST009 sangat cocok sebagai alternatif investasi di tengah tren kenaikan suku bunga saat ini. 

Keuntungan ST009 yang lain adalah, meski tidak diperdagangkan di pasar sekunder, namun terdapat fasilitas early redemption tanpa dikenakan biaya, yang memungkinkan investor menerima sebagian pelunasan pokok ST009 oleh pemerintah sebelum jatuh tempo, tanpa adanya risiko pergerakan harga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×