kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyiasati pandemi, Trikomsel Oke (TRIO) memulai bisnis baru


Minggu, 18 April 2021 / 16:05 WIB
Menyiasati pandemi, Trikomsel Oke (TRIO) memulai bisnis baru
ILUSTRASI. PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) memulai bisnis baru di tahun 2021.


Reporter: Kenia Intan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) memulai bisnis baru di tahun 2021. Mengutip keterbukaan informasi, Kamis (15/4), emiten ritel elektronik ini memutuskan berbisnis Smart Edu-Toys. 

"Di masa pandemi ini, kami melihat adanya peluang di pasar yang mendukung gaya hidup new normal di sektor edukasi," ujar Sekretaris Perusahaan Trikomsel Oke Mely dalam keterbukaan informasi. Adapun bisnis tersebut menyasar konsumen anak-anak dan mendukung learning from home. 

Selain itu, TRIO juga memperluas jaringan distribusi Shop on Shop dengan sistem pembagian keuntungan, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya sewa dan mengefisienkan modal kerja.

Lebih lanjut diungkapkan, pada kuartal pertama 2021 lini bisnis Shop in Shop baru dimulai dan kontribusinya belum signifikan terhadap pendapatan. Akan tetapi, bisnis tersebut mampu menghasilkan persentase keuntungan kotor yang lebih tinggi dari bisnis handphone. Sehingga TRIO akan terus mengupayakan kontribusi lini bisnis ini agar terus meningkat di masa mendatang. 

Baca Juga: Saham Trikomsel (TRIO) masih kena suspensi, 2 hal ini jadi alasan BEI mencabutnya

Agar bisnis baru yang dilakukan TRIO tidak berakhir gagal, pihaknya tetap melakukan mitigasi risiko bisnis dengan menjaga tingkat persediaan yang optimum, memilih produk tidak cepat usang dan tidak terkena dampak perubahan teknologi yang cepat. 

TRIO juga tidak melakukan impor melainkan melakukan pembelian langsung kepada prinsipal di dalam negeri dengan mata uang rupiah, sehingga tidak ada risiko terhadap perubahan kurs mata uang. TRIO juga berupaya mendapatkan jangka waktu pembayaran yang cukup sehingga tidak mengganggu modal kerja. 

Asal tahu saja, kegiatan operasional TRIO mengalami tantangan selama pandemi Covid-19. Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menekan jumlah masyarakat yang datang ke pusat perbelanjaan. Hal ini turut menekan trafik pelanggan ke toko-toko TRIO yang berada di pusat perbelanjaan. 

Baca Juga: Pendapatan Naik 103%, Trikomsel (TRIO) Fokus Menggarap Penjualan Online

Menghadapi hal ini, TRIO berupaya memaksimalkan penjualan online menggunakan berbagai macam platform. Misalnya, melalui marketplace yang sudah ada dengan status sebagai official store, sosial media, dan database pelanggan yang ada di Perseroan. Kemudian, memaksimalkan penjualan produk-produk yang mendukung working from home atau learning from home

Di samping itu, TRIO berupaya melakukan negosiasi ke pihak mal untuk mendapat biaya sewa dan ketentuan pembayaran sewa toko yang lebih sesuai dengan kondisi saat ini. 

Belanja masyarakat di tengah pandemi turut mempengaruhi pendapatan TRIO. Melihat hal ini, perusahaan memaksimalkan penjualan pada produk menengah dan produk yang mendukung masyarakat di tengah New Normal, seperti Smart Edu-toys. 

Lebih lanjut Melly menjelaskan, dalam rangka mengoptimalkan modal kerja, TRIO terus memantau dan menjaga jumlah kas dan setara kas dengan jumlah yang dianggap memadai untuk membiayai kegiatan operasional. TRIO juga mengefisienkan biaya operasional, melakukan negosiasi dengan pemasok guna mendapatkan jangka waktu pembayaran, dan terus aktif mencari investor baru. 

Baca Juga: Pendapatan kuartal ketiga Trikomsel Oke (TRIO) membaik ditopang penjualan online

Strategi lain yang diupayakan TRIO untuk tetap bertahan adalah melakukan transformasi toko multibrand menjadi toko dengan merek Samsung dan merek OPPO (monobrand) yang mayoritas di Pulau Jawa. 

Perusahaan juga fokus pada PT Trio Distribusi agar alur proses operasional menjadi lebih efektif dan efisien sehingga berdampak pada terjadinya efisiensi biaya. Di samping itu, anak perusahaannya, PT Global Teleshop Tbk (GLOB), juga merambah bisnis baru berkaitan dengan gaya hidup, di antaranya adalah mesin kopi dan biji kopi.

Baca Juga: Alihkan pengelolaan toko kepada sister company, ini fokus bisnis GLOB ke depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×