kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menguat Pekan Ini, Simak Proyeksi IHSG Pekan Depan dan Saham yang Menarik Dilirik


Sabtu, 10 September 2022 / 19:25 WIB
Menguat Pekan Ini, Simak Proyeksi IHSG Pekan Depan dan Saham yang Menarik Dilirik
Menguat Pekan Ini, Simak Proyeksi IHSG Pekan Depan dan Saham yang Menarik Dilirik


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tak mengerem laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang dominan bergerak di zona hijau pada pekan ini. IHSG mengalami penguatan 0,91% dalam sepekan.

Pada perdagangan Jum'at (9/9) ini, laju IHSG berfluktuasi. Setelah dominan bergerak di area merah, IHSG mampu bangkit di sesi akhir hingga berhasil ditutup menguat 0,15% ke level 7.242,65.

Research Analyst Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan melihat kenaikan IHSG dengan rentang yang terbatas hari ini didorong optimisme bursa saham Amerika dan Eropa yang kompak menguat. Di sisi lain, sentimen dari dalam negeri masih minim.

Sementara itu, Technical Analyst Binaartha Sekuritas Ivan Rosanova menyoroti kontribusi pergerakan saham sektor energi terhadap penguatan IHSG. Ivan memandang penguatan IHSG relatif terbatas lantaran gerak saham energi mengikuti fluktuasi harga komoditas.

Baca Juga: Cek 10 Saham yang Paling Cuan Sejak Awal Tahun 2022

"Dominasi aksi beli yang tidak begitu kuat, terhadang oleh aksi profit taking yang mengakibatkan IHSG sempat tertekan ke bawah 7.200," sebut Ivan.

Untuk pekan depan, Ivan memprediksi IHSG masih bergerak terbatas dengan menguji resistance terdekat di 7.288 dan target kenaikan hingga 7.308. Namun perlu diwaspadai lantaran masih rawan aksi profit taking.

"Pergerakan yang terbatas seiring mayoritas emiten sudah merilis kinerja Semester I. Selanjutnya, bagaimana pelaku pasar menakar dampak kenaikan BBM terhadap potensi naiknya inflasi," ujar Ivan.

Head of Research Jasa Utama Capital Sekuritas Cheryl Tanuwijaya menambahkan, pada perdagangan Jumat ini IHSG ditutup dengan pola reversal candle. Ini mengindikasikan potensi pelemahan di pekan depan dengan rentang 7.000 - 7.300.

Baca Juga: Asing Net Buy Rp 3,73 Triliun dalam Sepekan, Saham Perbankan Ini Banyak Dikoleksi




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×