kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,79   -9,77   -1.08%
  • EMAS932.000 -0,11%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Mandiri Sekuritas dorong investasi lewat SR014 untuk dukung ekonomi


Senin, 01 Maret 2021 / 16:36 WIB
Mandiri Sekuritas dorong investasi lewat SR014 untuk dukung ekonomi
ILUSTRASI. logo Mandiri Sekuritas

Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandiri Sekuritas turut menjadi agen penjual instrumen investasi pemerintah Sukuk Negara Ritel (Sukuk Ritel) seri SR014. Sukuk ritel SR014 ditawarkan khusus kepada investor individu warga negara Indonesia (WNI) untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus memperluas basis investor dalam negeri.

Direktur Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan, Mandiri Sekuritas berkomitmen penuh dalam mendukung kebangkitan perekonomian nasional dengan menyediakan berbagai instrumen investasi pemerintah melalui layanan terintegrasi Mandiri Online Securities Trading (MOST).

"Dengan berinvestasi pada produk SR014, masyarakat secara langsung berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional karena seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (1/3).

Baca Juga: Resmi! Pemerintah akan menjual sukuk ritel seri SR014 dengan kupon 5,47%

Lebih rinci, hasil dari penerbitan sukuk akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan, jalur kereta, serta fasilitas pendidikan, seperti membangun kampus dan fasilitas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

“SR014 dijamin oleh negara, sehingga aman, halal, dan layak dijadikan pilihan diversifikasi dalam mengelola aset investasi.  Nasabah Mandiri Sekuritas dapat berinvestasi dan membeli produk SR014 secara aman dan mudah melalui sbn.most.co.id,” kata Theodora.

SR014 ditawarkan mulai 26 Februari 2021 sampai 17 Maret 2021. SR014 menawarkan imbal hasil tetap sebesar 5,47% per tahun dengan tenor selama 3 tahun dan jatuh tempo pada 10 Maret 2024. Imbal hasil atau kupon ini akan dibayarkan secara rutin tiap bulan dan pembayaran pertama pada 10 April 2021 (short coupon).

Sebagai instrumen investasi berbasis syariah, SR014 menggunakan akad ijarah - asset to be leased. Dalam akad ini, dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat barang milik negara untuk disewakan kepada pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada pemerintah. Imbal hasilnya didapat dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

Nilai investasi SR014 yang terjangkau dapat menjadi pilihan menarik bagi generasi milenial yang ingin mulai berinvestasi. Pembelian minimum SR014 dimulai dari Rp 1 juta berlaku kelipatan dengan maksimum pembelian sebesar Rp 3 miliar.

“Secara komposisi, sekitar hampir 70% nasabah Mandiri Sekuritas didominasi oleh generasi milenial atau nasabah yang lahir di rentang tahun 1980-2000. Sementara itu, partisipasi nasabah milenial yang membeli produk-produk Surat Berharga Negara (SBN) di Mandiri Sekuritas mencapai 80%,” ungkap Theodora.

SR014 juga memiliki fleksibilitas karena dapat diperdagangkan (tradable) di pasar sekunder dengan periode penyimpanan minimum (holding period) selama tiga kali pembayaran imbal hasil. Perdagangan atau pengalihan kepemilikan SR014 dapat dilakukan mulai tanggal 11 Juni 2021 atau setelah berakhirnya holding period yang ditetapkan.

Mandiri Sekuritas telah dipercaya pemerintah sebagai mitra distribusi produk-produk Surat Berharga Negara (SBN) sejak tahun lalu dan dinobatkan sebagai “Mitra Distribusi dengan Kinerja Terbaik tahun 2020” oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan. Mandiri Sekuritas terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Selanjutnya: Penjualan SR014 diperkirakan laris manis mengekor ORI019

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×