Reporter: Yoliawan H | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki bulan Ramadan dan Lebaran di tahun 2019 ini sepertinya tidak serta merta akan mendorong volume penjualan dari PT Astra Otoparts Tbk (AUTO). Pasalnya, banyaknya hari libur, dan sudah adanya persiapan stok bulan-bulan sebelumnya membuat volume penjualannya bahkan diprediksi turun.
Direktur AUTO, Wanny Wijaya mengatakan, momen Lebaran ini memang sudah disiapkan sejak bulan April dan Mei 2019, sehingga dari volume penjualan AUTO biasanya akan turun hingga 40% dibandingkan dengan bulan-bulan biasa.
“Karena ini seasonal jadi mereka (ritel) sudah siapkan stok di bulan-bulan sebelumnya, selain itu banyak libur juga,” ujar Wanny di Jakarta, Jumat (26/4).
Kendati demikian pihaknya masih optimistis bisnis masih akan tumbuh di tengah industri otomotif yang cukup stagnan. Data Gaikindo menunjukkan bahwa penjualan wholesale roda empat turun 13% yoy di kuartal I 2019 ini.
Selain itu, untuk dongkrak penjualan pihaknya pun akan menambah produk baru serta melakukan kajian terkait pasar ekspor baru yang bisa disasar. Menurutnya saat ini penjualan ekspor AUTO sebesar 7% dari total penjualan.
Sekadar informasi, hingga kuartal I 2019 ini saja pendapatan AUTO masih tumbuh 2,74% yoy menjadi Rp 3,94 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News