Reporter: Kenia Intan | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) mencatatkan kenaikan penjualan sepanjang tahun 2019. Perusahaan yang memiliki kode saham MLBI itu berhasil mengantongi penjualan bersih sebesar Rp 3,71 triliun pada akhir 2019 lalu.
Jumlah tersebut tumbuh tipis 3,92% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang besar Rp 3,57 triliun. "Peningkatan pendapatan didorong oleh fokus kami pada revenue management, positive brand mix, dan inovasi seperti pada kategori minuman non-alkohol," jelas Richard Kurniadi, Corporate Secretary & Head of Legal PT Multi Bintang Indonesia Tbk, Rabu (4/3).
Baca Juga: Bisnis minuman beralkohol kurang segar, laba Multi Bintang (MLBI) di 2019 turun 1,5%
Meskipun pendapatannya bertumbuh, pos laba Multi Bintang justru tergerus. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk turun 1,55% dari Rp 1,224 triliun menjadi Rp 1,205 triliun di akhir tahun lalu.
"Tahun lalu pengeluaran perusahaan lebih tinggi, yang disebabkan oleh biaya terkait perekrutan karyawan untuk beberapa lowongan, biaya depresiasi yang lebih tinggi, serta beberapa biaya baru yang tidak berulang," kata Richard lagi.
Baca Juga: Nara Hotel International bakal lepas saham perdana sebanyak 2 miliar saham
Di tahun 2020 ini, Multi Bintang melihat banyak tantangan dalam dunia bisnis seperti penyebaran virus corona atau COVID-19 dan banjir di Jakarta di awal tahun. Akan tetapi, MLBI akan memastikan bisnisnya akan beroperasi secara lebih efisien sehingga bisa mencatatkan kenaikan topline maupun bottom line perusahaan.
Salah satu strategi MLBI dengan dengan portofolio multi-beverage dan menggunakan inovasi untuk terus menjaga momentum pertumbuhan.
Baca Juga: Bikin bingung Erick Thohir, ini daftar BUMN yang punya bisnis hotel
"MLBI juga berupaya mencapai sustainable growth dengan cara memperkuat portofolio merek kami, mempertajam eksekusi komersial dan revenue management, serta mendorong manajemen cost yang efektif dan berbagai upaya efisiensi di seluruh bagian perusahaan," tutupnya.
Sekadar informasi, sepanjang tahun 2019 penjualan Multi Bintang pasar lokal masih mendominasi dengan komposisi 99,46% dari total penjualan atau setara Rp 3,69 triliun.
Sementara itu, jika dilihat dari kelompok produknya, MLBI masih mengandalkan penjualan minuman alkohol yang berkontribusi 88,14% dari total penjualan atau setara Rp 3,27 triliun.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News