Reporter: Riska Rahman | Editor: Wahyu T.Rahmawati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen air minum dalam kemasan, PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan di kuartal III-2017 ini. Perusahaan pun berhasil mencatat kenaikan laba yang cukup signifikan berkat menurunnya beban pokok penjualan.
CLEO berhasil mencatat peningkatan penjualan sebesar 12,66% di kuartal ketiga tahun ini menjadi Rp 440,77 miliar. Di periode yang sama 2016 lalu, perusahaan hanya mencatatkan penjualan sebesar Rp 391,22 miliar.
Mengutip laporan keuangan CLEO yang dirilis Kamis (26/10), kontribusi penjualan terbesar datang dari penjualan air minum dalam kemasan galon. Di periode ini, jumlah penjualan galon meningkat menjadi Rp 161,49 miliar dibanding kuartal III-2016 sebesar Rp 143,87 miliar.
Penjualan air minum kemasan gelas juga meningkat di triwulan ketiga lalu. Penjualan kemasan gelas meningkat menjadi Rp 102,92 miliar dari sebelumnya Rp 92,86 miliar di periode yang sama tahun lalu.
Perusahaan pun berhasil menekan beban pokok penjualan di periode ini. Hingga September lalu, perusahaan hanya mencatat beban pokok penjualan sebesar Rp 277,03 miliar atau turun 1,04% dibanding beban pokok penjualan di triwulan ketiga tahun lalu sebesar Rp 279,93 miliar. Hal ini disebabkan oleh menyusutnya jumlah persediaan barang di awal tahun serta meningkatnya jumlah persediaan barang jadi di akhir tahun.
Berkurangnya beban pokok penjualan ditambah meningkatnya laba penjualan dan pelepasan aset tetap menjadi Rp 3,67 miliar di periode ini membuat laba perusahaan melonjak. Di triwulan ketiga tahun ini, Sariguna membukukan laba sebesar Rp 38,14 miliar. Angka ini melonjak 40,01% dibanding laba di kuartal ketiga tahun lalu sebesar Rp 27,24 miliar.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News