kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kinerja Garuda Maintenance (GMFI) Diprediksi Melesat Tahun Ini, Begini Kata Analis


Rabu, 26 Januari 2022 / 13:59 WIB
Kinerja Garuda Maintenance (GMFI) Diprediksi Melesat Tahun Ini, Begini Kata Analis
ILUSTRASI. Kinerja Garuda Maintenance (GMFI) Diprediksi Melesat Tahun Ini, Begini Kata Analis


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kinerja PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia Tbk (GMFI) diprediksi positif pada tahun 2022 ini seiring mulai pulihnya kinerja operasional, terus bertumbuhnya performa keuangan perusahaan, dan strategi diversifikasi bisnis yang telah berjalan.

Di tengah situasi Covid-19 yang memukul industri penerbangan, GMFI mendapatkan beberapa angin segar yang dapat memicu kinerja perusahaan pada tahun ini.

Pertama, mulai naiknya penerbangan pada akhir 2021 seiring dengan mulai membaiknya penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Kinerja tahun ini semestinya diproyeksikan mulai berjalan dengan progresif selama pemerintah tidak menerapkan kebijakan restriksi secara lebih ketat,” ujar Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta, kepada Kontan.co.id, Selasa (25/1).

Baca Juga: Garuda Maintenance (GMFI) Tekan Rugi Usaha Hingga 84% di Kuartal III-2021

Kedua, diversifikasi bisnis oleh perseroan di luar induknya, PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA), yang mulai berbuah manis.

Pada akhir tahun 2021, GMFI terlibat dalam proyek modernisasi dan penggantian center wing box untuk pesawat C130H milik TNI AU setelah berkontrak dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada tahun lalu untuk memodifikasi total delapan unit pesawat secara berkala.

Selain dengan Kemhan, perseroan berkontrak dengan TNI AU untuk pemeliharaan beberapa mesin, mendukung layanan komponen dan material untuk mendukung overhaul pesawat 737.

Adapun, perseroan berhasil meningkatkan event maintenance pada segmen perawatan pesawat kargo, khususnya Boeing 747 wide body, serta perawatan reaktivasi pesawat menyusul meningkatnya mobilitas masyarakat dan permintaan pengembalian pesawat ke lessor. 

Perseroan juga berhasil mengembangkan kapabilitas perawatan line maintenance untuk perawatan pesawat Boeing 787 milik maskapai asal Jepang, dari semula bersifat assist menjadi full release.

Dipercayanya GMFI oleh sejumlah maskapai, baik domestik maupun asing yang tersebar di benua Asia, Eropa, dan Amerika juga turut memperbesar persentase porsi pendapatan dari segmen non-afiliasi sekitar 8% dibandingkan tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Operasikan 19 Pesawat Bermasalah, Citilink dan GMF Dapat Teguran dari Kemenhub

Lebih lanjut, GMFI juga berpeluang untuk bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dalam menghadirkan layanan MRO berstandar global di Bandara Kertajati, Majalengka.

“Potensi pendapatan GMFI dari luar Garuda mulai membaik sebagai strategi diversifikasi manajemen. Tinggal maksimalkan efisiensi bisnis mengingat masa pandemi Covid masih belum berakhir,” kata Nafan.

Ketiga, di tengah situasi Covid-19 yang memukul industri penerbangan ini, perseroan berhasil melakukan penghematan yang efektif.

Sampai dengan kuartal III 2021, GMFI membukukan pendapatan sebesar US$ 165,37 juta atau turun 13,78% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Namun, perseroan berhasil memangkas beban-beban perusahaan hingga September 2021.

Alhasil, GMFI berhasil menekan rugi usahanya menjadi US$ 27,68 juta. Padahal, periode yang sama tahun sebelumnya rugi usaha perusahaan sebesar US$ 178,16 juta.

Dengan begitu, perusahaan semakin memperkecil rugi bersih yang dideritanya menjadi US$ 38,94 juta dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 160,60 juta.

“Meskipun pendapatan hingga September 2021 tidak terlalu jauh berbeda dengan periode yang sama tahun lalu namun dari sisi kerugian bersih bisa turun sangat signifikan,” ujar Kepala Riset Praus Capital Marolop Alfred Nainggolan.

Baca Juga: Garuda Indonesia tercatat memiliki kredit ke beberapa bank berikut ini

Ia berharap GMFI terus bisa mempertahankan efisiensinya. “Kondisi saat ini menjadikan diversifikasi tersebut sebagai pilihan terbaik. Dan perlu diapresiasi langkah manajemen yang berusaha keras bagaimana perusahaan bisa mendapatkan pendapatan,” jelas Alfred.

Pengamat pasar modal Lucky Bayu Purnomo menilai GMFI masih ada prospek sebab captive market masih ada. “Prospek pendek memang masih bukan pilihan. Tapi jangka panjang investor bisa positif. Karena sekarang para investor mengharapkan GMFI bisa mengembangkan market share dan juga pendapatan organik sendiri, di luar pendapatan dari Induknya,” kata Lucky.

Ia mengatakan bahwa manajemen perlu semakin mendiversifikasi pendapatan dan jasa servisnya dan menerapkan tata kelola perusahaan yang lebih ramping, efisien, dan tepat guna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×