kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kehati-hatian pasar jelang FOMC membatasi bursa Asia


Selasa, 18 Juni 2019 / 08:04 WIB
Kehati-hatian pasar jelang FOMC membatasi bursa Asia

Berita Terkait

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pergerakan bursa saham regional Asia dibayangi sentimen jelang pertemuan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Fed.

Mengutip Reuters, Selasa (18/6), Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,05%. Saham Australia bertambah 0,1% sementara Nikkei Jepang turun 0,05%.


The Fed, menghadapi tuntutan baru dari Presiden AS Donald Trump untuk memangkas suku bunga, memulai pertemuan dua hari mulai hari ini. Bank sentral diprediksi akan membiarkan biaya pinjaman tidak berubah saat ini tetapi mungkin meletakkan dasar untuk penurunan suku bunga pada akhir tahun ini.

Harapan baru untuk pelonggaran kebijakan moneter AS telah menyuntik tenaga bagi pasar saham di tengah ketegangan perang dagang AS-China. Indeks S&P 500 telah naik 5% bulan ini setelah merosot pada Mei karena kekhawatiran perang dagang.

Fokus sekarang adalah seberapa dekat The Fed bisa memangkas suku bunga di tengah perang perdagangan AS-China, tekanan ekonomi dan permintaan Presiden Trump untuk melonggarkan kebijakan moneter.

"Pertemuan FOMC (Federal Open Market Committee) adalah peristiwa terbesar pekan ini sehingga ada tingkat kehati-hatian yang berlaku di pasar," kata Masahiro Ichikawa, senior strategist di Sumitomo Mitsui DS Asset Management.




TERBARU

Close [X]
×