kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kalbe Farma (KLBF) siap dukung Jaminan Kesehatan Nasional dengan strategi berikut


Selasa, 16 Juli 2019 / 20:35 WIB
Kalbe Farma (KLBF) siap dukung Jaminan Kesehatan Nasional dengan strategi berikut


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Empat tahun sudah program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berjalan dan terus mendorong transformasi pasar generik Indonesia. Tentunya pertumbuhan ini menyebabkan disrupsi pada sektor kesehatan. Walaupun begitu, emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) siap menghadapinya.

Direktur Pemasaran KLBF sekaligus Direktur Presiden PT Hexpharm Jaya Laboratories, Mulia Lie menyatakan, sejalan dengan tumbuhnya peserta JKN, pertumbuhan farmasi di Indonesia semakin tergantung pada permintaan produk generik. “Dalam menghadapinya, KLBF sudah menyiapkan semua hal untuk menyongsong tender baru di semester kedua nanti dalam rangka antisipasi,” kata Mulia, Selasa (16/7).

Mulia bilang, KLBF sudah melakukan inovasi, efisiensi, dan membenahi produksi sejak lama bahkan dari 10 tahun yang lalu. KLBF melalui anak usahanya sudah berupaya mendiversifikasi produk dalam menghadapi persaingan yang ketat. Sebab menurut dia, tidak hanya dari obat-obatan saja yang memberi kontribusi besar pada JKN tapi sektor alat medis juga sebagai penyokong program ini.

Program JKN tentunya berdampak pada pertumbuhan penjualan dari produk obat generik tanpa merek. Sebab JKN terutama menjamin klaim untuk obat-obatan generik. Mulia bilang saat ini pabrik KLBF di Cikarang sudah bisa 100% produksi obat generik melalui anak usahanya Hexpharm Jaya. Hexaphram mampu memproduksi obat generik sebanyak 2,8 miliar hingga 3 miliar tablet per tahun.

Memang dengan adanya JKN, produksi obat didominasi obat generik yang penjualannya lebih murah dan margin yang tipis. Kendati demikian, Mulia menjelaskan hal ini bukanlah beban bagi perusahaan.

“Pada produksi obat generik, KLBF lebih bermain volume. Total produksi yang besar terus di-manage keekonomiannya dan melakukan otak-atik produksi, dengan ini KLBF tetap mencetak profit dari obat generik,” ujarnya.

Meski obat generik tidak diperbolehkan promosi, KLBF menggunakan strategi marketing dengan kemasan yang berwarna biru sebagai pembeda dari obat generik perusahaan lain.

Selain itu, kontribusi obat merek seperti nutrisi, obat kanker, lainnya dan logisitik menopang pertumbuhan dan cashflow KLBF karena marginnya tinggi. Mulia menyatakan upaya diversifikasi entitas anak usaha KLBF justru menjadi pelengkap dari kekurangan yang ada.

Buktinya saja pada bulan terakhir di semester I 2019 ini KLBF, mencatatkan pertumbuhan konsolidasi double digit. Khusus dari obat generik, Mulia bilang kontribusinya terhadap pendapatan KLBF hingga saat ini sebesar 35%-40%. Namun penjualan ini tidak hanya dari program JKN saja sebab distribusi obat generik KLBF juga disebar ke apotek, rumah sakit, dan klinik se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×