kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan Sampai Menunggak, Ini Cara Atur Cicilan KPR yang Ringan


Kamis, 08 Desember 2022 / 10:57 WIB
Jangan Sampai Menunggak, Ini Cara Atur Cicilan KPR yang Ringan
ILUSTRASI. Kontan - J Trust Bank Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Awal November lalu, jagat dunia hiburan memberitakan artis Jessica Iskandar kesulitan membayar angsuran KPR. Jessica mengungkapkan angsuran KPR-nya mencapai ratusan juta per bulan. Pembawa acara Ngopi Dara di Trans TV itu terseok-seok membayar cicilan KPR setelah kena kasus penipuan bisnis.

Siapapun tentu tidak ingin mengalami musibah seperti Jessica. Jangan sampai rumah impian yang sudah di tangan, ditarik kembali oleh bank karena Anda menunggak cicilan KPR selama berbulan-bulan. Anda bisa menyesuaikan angsuran KPR sesuai dengan kemampuan agar terhindar dari kondisi tersebut.

Baca Juga: Cicilan Apartemen Jadi Ringan dengan KPA Idaman dari J Trust Bank

Besar angsuran KPR sebaiknya tidak melebihi 30% dari pendapatan bulanan. Jika angsuran lebih besar dari sepertiga penghasilan, Anda bisa menunda pengajuan KPR dan menambah tabungan DP (down payment) terlebih dahulu. Semakin besar DP yang Anda bayarkan, angsuran KPR juga akan semakin ringan.

Cara lain untuk memiliki angsuran KPR yang ringan adalah dengan mencari program KPR dengan bunga rendah dan jangka waktu pinjaman yang panjang. Umumnya, bank menawarkan skema KPR dengan kombinasi flat rate dan floating rate. Bunga tetap atau flat rate diberlakukan selama 1—5 tahun pertama masa KPR, baru selanjutnya berlaku bunga kredit mengikuti suku bunga acuan. Bunga tetap yang rendah ditambah tenor pinjaman yang panjang akan memudahkan debitur mengatur jumlah cicilan tanpa membebani kondisi keuangan.

Tiga skema KPR

Salah satu bank yang sedang memberikan promo bunga KPR rendah adalah J Trust Bank. Hingga 31 Desember 2022, bank di bawah naungan J Trust Group dari Jepang ini menyediakan program KPR Idaman J Trust yang memungkinkan Anda mengatur cicilan KPR bulanan jadi lebih ringan.

KPR Idaman J Trust memberikan beban yang lebih ringan selama cicilan berjalan dengan floating rate yang rendah. Alhasil, kondisi finansial nasabah tetap sehat sehingga dapat merencanakan masa depan dengan tenang.

KPR Idaman J Trust dapat digunakan untuk membiayai kepemilikan hunian di Citaville Parung Panjang dan Citaville Pilar Cikarang. Terdapat tiga skema pembiayaan dalam promo KPR Idaman J Trust untuk memiliki properti di dua perumahan tersebut.

Pertama, KPR jenis perpaduan bunga tetap dan floating. Keunggulan skema ini adalah tidak ada DP (down payment) selama masa promo, keringanan bunga floating setelah perubahan suku bunga, dan tenor pinjaman maksimum 30 tahun. Debitur bisa memilih bunga KPR tetap sebesar 5,99%-8,49% selama setahun atau bunga tetap 6,24%-8,74% selama dua tahun pada skema ini.

Kedua, KPR jenis perpaduan bunga tetap dan floating dengan membayar DP ringan. Skema ini juga menawarkan tenor pinjaman yang panjang hingga 30 tahun dan keringanan pada suku bunga tetap. Apabila tertarik mengikuti skema ini, debitur harus membayar DP minimum 5% dari harga jual hunian.

Adapun suku bunga KPR tetap yang ditawarkan dalam skema ini adalah 3,25%-4,25% selama setahun, 3,50%-4,50% untuk dua tahun, 3,75%-4,75% untuk tiga tahun, 4%-5% untuk empat tahun, dan 4,25%-5,25% untuk lima tahun.

Ketiga, KPR jenis bunga tetap. Skema ini menawarkan periode suku bunga tetap sebesar 8,50% berlaku maksimum 10 tahun. Tenor pinjamannya juga berlaku maksimum 10 tahun. Debitur harus membayar DP minimum 10% dari harga jual hunian untuk mengikuti skema KPR ini.

Keuntungan lainnya dari program KPR Idaman J Trust Bank, debitur akan memperoleh asuransi jiwa dan asuransi kebakaran. Sertifikat kepemilikan dan dokumen yang diagunkan akan disimpan dengan aman oleh pihak J Trust Bank. Guna memudahkan pembayaran cicilan, debitur bisa memanfaatkan sistem autodebet setelah buka tabungan di J Trust Bank.

Untuk mengikuti promo bunga KPR rendah dari J Trust Bank ini, calon debitur harus merupakan WNI berusia minimum 21 tahun. Jika berstatus pegawai, pinjaman berakhir pada saat debitur berusia maksimum 55 tahun atau sesuai usia pensiun di perusahaan. Adapun, debitur berstatus profesional atau wiraswasta, pinjaman berakhir pada saat debitur berusia maksimum 65 tahun.

Dengan KPR Idaman J Trust Bank, Anda bisa punya rumah sesuai keinginan sambil merencanakan masa depan dengan tenang. Untuk informasi selengkapnya mengenai persyaratan pengajuan KPR, kunjungi kantor cabang J Trust Bank terdekat, hubungi Ask J 1500 615 atau mengakses www.jtrustbank.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×