kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45777,51   6,55   0.85%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Batubara dan emas mulai atraktif pekan ini, cermati saham-saham berikut


Kamis, 28 Mei 2020 / 22:44 WIB
Batubara dan emas mulai atraktif pekan ini, cermati saham-saham berikut
ILUSTRASI. Layar menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/5/2020). IHSG ditutup melemah 2,7 poin atau 0,06 persen di level 4.545,95. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Beberapa komoditas akan diperdagangkan dengan gerak yang beragam sepanjang pekan ini. Meski demikian, harga komoditas batubara dan emas diperkirakan akan menarik pada pekan ini.

Analis Mirae Asset Sekruitas Indonesia Andy Wibowo Gunawan mengatakan, setelah memperhitungkan semua rilis data dan sentimen terbaru, dia menilai harga batubara dan emas global terlihat menarik minggu ini. Terkait sentimen terbaru, ada potensi eskalasi kembali dalam perang dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Baca Juga: Bisnis multifinance mulai tertekan di April

Hal ini terjadi setelah Senat AS meloloskan rancangan undang-undang (RUU) yang dapat menghalangi perusahaan China yang terdaftar di AS untuk berdagang di bursa saham AS.

Meskipun perkiraan tingkat daya beli AS masih beragam, Andy mengatakan bahwa potensi peningkatan sitegang dalam perang dagang AS-China akan mengarah pada harga emas global yang lebih tinggi untuk minggu ini. Dengan demikian, harga emas global akan rebound minggu ini.

“Dengan demikian, kami menilai saham ADRO, PTBA, ANTM serta saham yang berkaitan dengan batubara dan emas lainnya akan menarik bagi investor untuk dipilih minggu ini,” tulis Andy dalam riset, Selasa (26/5).

Untuk komoditas minyak, Andy memperkirakan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) akan diperdagangkan mix pekan ini karena terkena katalis dari dua sisi. Risiko kenaikan harga akan datang dari sisi penawaran. Dengan demikian, hemat Andiy investor harus bersikap konservatif terhadap permintaan minyak di AS.

Baca Juga: Harga komoditas cenderung volatile, cermati saham-saham ini

Sementara itu, harga batubara global akan diperdagangkan lebih tinggi pekan ini. Sebab, persediaan di enam pembangkit listrik utama di China dan tingkat pembakaran batubara mingguan (weekly coal burned) mengirimkan sinyal positif.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×