kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investor abaikan kekhawatiran kenaikan inflasi, Wall Street ditutup lebih tinggi


Sabtu, 29 Mei 2021 / 05:53 WIB
Investor abaikan kekhawatiran kenaikan inflasi, Wall Street ditutup lebih tinggi
ILUSTRASI. Investor abaikan kekhawatiran kenaikan inflasi, Wall Street ditutup lebih tinggi


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Indeks utama bursa saham Amerika Serikat, Wall Street ditutup menguat pada perdagangan hari Jumat karena investor mengabaikan perkiraan kenaikan inflasi. Indeks Dow jones dan indeks S&P 500 mencatat kenaikan mingguan pertama dalam tiga pekan terakhir.

Melansir Reuters,  indeks Dow Jones Industrial Average naik 64,81 poin, atau 0,19% menjadi 34.529,45. Indeks S&P 500 naik 3,23 poin, atau 0,08%, menjadi 4.204,11 dan indeks Nasdaq Composite bertambah 12,46 poin, atau 0,09%, menjadi 13.748,74.

Untuk minggu ini, indeks S&P naik 1,17%, Dow Jones naik 0,94% dan Nasdaq naik 2,06%. Untuk bulan ini, S&P telah naik 0,55%, Dow Jones bertambah 1,94% dan Nasdaq turun 1,53%.

Harga konsumen, yang diukur dengan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, naik 0,7% pada bulan April, melampaui perkiraan analis 0,6% dan setelah kenaikan 0,4% pada bulan Maret. PCE adalah ukuran inflasi yang disukai Federal Reserve.

Baca Juga: Wall Street menguat, abaikan data inflasi yang melonjak

Dalam 12 bulan hingga April, indeks harga PCE inti melonjak 3,1%, menembus target Fed 2%, karena ekonomi yang dibuka kembali melepaskan permintaan yang terpendam.

Investor telah mengamati dengan cermat data ekonomi dan komentar dari pejabat Fed untuk tanda-tanda inflasi yang tak terkendali dan kemungkinan bank sentral dapat mulai menarik kembali langkah-langkah stimulus masifnya.

"Data juga akan tetap tidak stabil, data inflasi yang kami lihat pagi ini dengan PCE inti sangat tinggi, tetapi sebenarnya tidak terlalu jauh dari konsensus," kata Keith Buchanan, manajer portofolio senior di Globalt di Atlanta.

“Efek dasar pasti memainkan peran, mendistorsi kesimpulan dari beberapa jenis angka tahun-ke-tahun yang sangat besar,” tambahnya.

Baca Juga: AS dan China lakukan pembicaraan perdagangan pertama di bawah Joe Biden

Sementara itu, pejabat Fed telah berulang kali menyatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa bank sentral belum siap untuk menyesuaikan dukungan moneternya, meskipun beberapa telah menyarankan mereka terbuka untuk mulai membahas penskalaan kembali rencana pembelian obligasi. 

Pada hari Kamis, Presiden Federal Reserve Bank Dallas Robert Kaplan mengatakan pasar tenaga kerja lebih ketat daripada yang disadari banyak orang.

Meskipun data menunjukkan kenaikan inflasi, imbal hasil Treasury AS turun dan membantu mengangkat saham teknologi pertumbuhan tinggi. Salesforce.com Inc naik 5,43% setelah meningkatkan pendapatan setahun penuh dan perkiraan laba, dibantu oleh peningkatan permintaan untuk perangkat lunak berbasis cloud selama pandemi.

Selanjutnya: Wall Street: S&P 500, Dow naik lebih tinggi karena klaim pengangguran mingguan turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×