kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Nikkei Jepang Melonjak Senin (18/3), Perubahan Kebijakan BOJ Semakin Dekat


Senin, 18 Maret 2024 / 14:03 WIB
Indeks Nikkei Jepang Melonjak Senin (18/3), Perubahan Kebijakan BOJ Semakin Dekat
ILUSTRASI. A man looks at an electric monitor displaying the Japanese yen exchange rate against the U.S. dollar and Nikkei share average outside a brokerage in Tokyo, Japan October 4, 2023. REUTERS/Issei Kato


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Rata-rata saham Nikkei Jepang berakhir naik tajam pada hari Senin (18/3). Investor berubah menjadi bullish setelah mereka mempelajari lebih lanjut tentang kemungkinan perubahan pada pengaturan kebijakan Bank of Japan (BOJ) yang diperkirakan akan diumumkan pada hari Selasa (19/3).

Melansir Reuters, indeks Nikkei naik 2,67% menjadi ditutup pada level 39.740,44, membukukan kenaikan harian terbesar sejak 13 Februari. Indeks Topix naik 1,92% menjadi 2.721,99.

Baca Juga: Bursa Australia Ditutup Naik Tipis Senin (18/3), Ditopang Saham Tambang dan Bank

"Investor merasa lega karena ketidakpastian mengenai perubahan yang akan dilakukan BOJ sebagian besar hilang setelah membaca laporan dari berbagai media," kata Shoichi Arisawa, manajer umum departemen riset investasi di IwaiCosmo Securities.

Surat kabar Nikkei pada hari Sabtu menjadi media terbaru yang menandai langkah kebijakan tersebut, setelah perusahaan-perusahaan besar memberikan kenaikan gaji terbesar dalam 33 tahun.

Kenaikan gaji yang lebih besar dari perkiraan oleh perusahaan-perusahaan besar Jepang telah secara signifikan meningkatkan peluang bank sentral untuk mengakhiri kebijakan suku bunga negatif selama delapan tahun pada akhir pertemuan kebijakan dua hari pada hari Selasa.

Jika dewan BOJ yang beranggotakan sembilan orang yakin bahwa kondisinya tepat, bank sentral akan menetapkan suku bunga overnight call sebagai target barunya dan mengarahkannya pada kisaran 0-0,1% dengan membayar bunga 0,1% pada kelebihan cadangan yang dimiliki lembaga keuangan itu, Reuters melaporkan.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Tergelincir, Pasar Tunggu Sinyal Penurunan Suku Bunga dari FOMC

Setelah keluar dari kebijakan suku bunga negatifnya, BOJ juga akan menghilangkan kendali imbal hasil obligasinya dan menghentikan pembelian aset berisiko seperti dana yang diperdagangkan di bursa.

Namun BOJ diperkirakan akan memberikan panduan untuk menjaga kondisi moneter tetap akomodatif untuk saat ini, untuk meyakinkan pasar bahwa mereka tidak akan beralih ke jalur kenaikan suku bunga yang stabil seperti yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa.

Saham pemilik merek Uniqlo, Fast Retailing, melonjak 4,73% menjadi pendorong terbesar bagi Nikkei, diikuti oleh pembuat peralatan pembuat chip Tokyo Electron, yang naik 3,76%.

“Kecuali The Fed (Federal Reserve) menentang ekspektasi pasar bahwa mereka akan menurunkan suku bunganya tahun ini, momentum pasar saham akan terus berlanjut,” kata Hitoshi Asaoka, ahli strategi senior di Asset Management One.

Baca Juga: Bursa Asia Bergerak Mixed Pada Senin (18/3) Pagi, Investor Menanti Keputusan The Fed

The Fed dianggap pasti akan mempertahankan suku bunga pada 5,25%-5,5% pada pertemuan dua hari minggu ini.

Namun ada kemungkinan bahwa hal ini akan memberi sinyal prospek kebijakan yang "lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama" mengingat kakunya inflasi baik di tingkat konsumen maupun tingkat produsen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×