kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Nikkei Jepang Tergelincir Selasa (12/3), Menanti Data Inflasi AS


Selasa, 12 Maret 2024 / 14:28 WIB
Indeks Nikkei Jepang Tergelincir Selasa (12/3), Menanti Data Inflasi AS
ILUSTRASI. Pedestrians pass before a share prices board in Tokyo on Tuesday, October 10, 2023. . (Photo by Yoshio Tsunoda/AFLO)


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Indeks Nikkei Jepang melanjutkan penurunan pada hari Selasa (12/3). Investor melakukan penyesuaian menjelang data inflasi Amerika Serikat (AS) dan mempertimbangkan ekspektasi yang lebih kuat bahwa Bank of Japan (BoJ) dapat melakukan perubahan kebijakan bersejarah pada minggu depan.

Melansir Reuters, Nikkei ditutup 0,1% lebih rendah pada 38.797,51, rebound dari penurunan luas di sesi pagi karena aksi beli saat turun berlangsung, namun tidak mampu berakhir di wilayah positif.

Itu adalah penurunan indeks hari kedua berturut-turut, setelah berakhir turun 2,2% pada hari Senin.

Baca Juga: Bursa Saham Korea Selatan Mencapai Level Tertinggi Lebih dari 21 Bulan

Saham-saham teknologi, yang berkontribusi besar terhadap kenaikan Nikkei sebesar 16% sepanjang tahun ini, mengikuti penurunan saham-saham AS lainnya karena para pedagang mengamati data harga konsumen AS, yang akan dirilis pada hari Selasa.

Saham raksasa peralatan pembuat chip Tokyo Electron turun 1,7%. Sementara investor startup yang berfokus pada AI, SoftBank Group, turun 0,7%.

Namun penurunan Nikkei dibatasi karena pemulihan beberapa indeks kelas berat seperti perusahaan induk Uniqlo Fast Retailing dan pembuat peralatan pengujian chip Advantest, yang masing-masing naik 1,4% dan 0,9%.

Saham eksportir juga sedikit meningkat setelah mata uang Jepang melemah karena komentar ketua BOJ yang sedikit kurang optimis terhadap perekonomian pada sore hari di Asia, meskipun saham produsen mobil Toyota Motor tetap turun 0,7%.

Baca Juga: Bursa Saham Australia Ditutup Datar Selasa (12/3), Saham Energi Imbangi Saham Bank

Yen baru-baru ini menguat di tengah ekspektasi bahwa BOJ akan menghentikan suku bunga negatif pada pertemuan kebijakannya pada 18-19 Maret.

Keputusan bank sentral untuk tidak melakukan pembelian dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Jepang pada hari Senin.

Meskipun saham lokal turun tajam semakin memicu spekulasi bahwa bank sentral akan segera mengakhiri kebijakan moneter ultra-longgarnya.

“Ada keyakinan kuat di pasar bahwa BOJ akan berhenti membeli ETF ketika mereka keluar dari suku bunga negatif,” kata Maki Sawada, ahli strategi di departemen konten investasi Nomura Securities.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa reposisi pada minggu ini karena para pedagang menunggu keputusan BOJ, katanya.

Baca Juga: Bursa Asia Mixed Pada Perdagangan Selasa (12/3) Pagi

Saham Bank dan perusahaan asuransi, yang mengalami kenaikan terbesar sepanjang tahun ini, turun 1,9% dan 1,6%, karena para pedagang melakukan penyesuaian. Pedagang grosir kehilangan 1,4%.

Di tempat lain, indeks Topix yang lebih luas berakhir turun 0,4% pada 2657,24

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×