CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,51   -6,42   -0.63%
  • EMAS992.000 0,51%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Incar Dana Rp 633 Miliar dari IPO, Champ Resto (ENAK) Agresif Menambah Outlet


Kamis, 13 Januari 2022 / 16:55 WIB
Incar Dana Rp 633 Miliar dari IPO, Champ Resto (ENAK) Agresif Menambah Outlet


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Champ Resto Indonesia Tbk (ENAK) semakin dekat untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Emiten yang bergerak di bidang food & beverage (F&B) ini bakal agresif melanjutkan ekspansi gerai pada 2022.

Berfokus di segmen fast casual dining, Champ Resto Indonesia memiliki enam brand restoran meliputi Gokana, Raa Cha, Platinum, BMK, Chopstix, dan Monsieur Spoon. Champ Resto mengoperasikan 276 outlet yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi.

Champ Resto Indonesia bersiap melantai di BEI dengan melepas sebanyak-banyaknya 666,67 juta saham atau setara dengan 30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Dari total tersebut, Champ Resto melepas sebanyak-banyaknya 222,22 juta saham baru dan sebanyak-banyaknya 444,44 juta saham lama.

Baca Juga: Berencana IPO, Champ Resto Tawarkan 666,66 Juta Saham Baru

Saham Champ akan ditawarkan dengan rentang harga Rp 800 per saham–Rp 950 per saham. Dengan demikian, dana yang terkumpul dari masyarakat ditargetkan akan mencapai sebanyak-banyaknya Rp 633 miliar yang terdiri dari Rp 211 miliar dari penawaran umum saham baru dan Rp 422 miliar dari penawaran umum saham lama.

Champ menunjuk PT UOB Kay Hian Sekuritas sebagai Lead Underwriter atau Penjamin Pelaksana Emisi Efek. Direktur Investment Banking PT UOB Kay Hian Sekuritas, Ronald Lohanata optimistis Champ Resto Indonesia ke depannya akan berkembang melewati level pra-pandemi.

Berdasarkan prospektus awal, pencatatan saham Champ rencananya akan dilakukan pada tanggal 7 Februari 2022. Masa penawaran awal atau bookbuilding akan dilakukan pada 12–20 Januari 2022. Masa penawaran umum perdana saham berlangsung pada tanggal 31 Januari 2022–3 Februari 2022, dan distribusi secara elektronik pada tanggal 4 Februari 2022.

Baca Juga: Melihat Prospek Calon Pendatang Baru di Bursa

Adapun Champ Resto akan menggunakan dana hasil IPO untuk sejumlah keperluan. Champ Resto akan menggunakan 22% dana IPO untuk pembayaran sebagian utang kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). 

Lalu sebanyak 22% akan digunakan untuk  melunasi utang kepada Ali Gunawan Budiman dan Barokah Melayu Foods Pte. Ltd, yang merupakan pemegang saham Champ Resto.

Sisanya akan digunakan untuk belanja modal, dengan rincian sekitar 7% digunakan untuk renovasi (fit out) outlet, tidak terbatas pada pengerjaan elektrikal, mekanikal, dan pengerjaan interior, dalam rangka mempersiapkan outlet-outlet baru menjadi siap beroperasi.

Sekitar 4% akan digunakan untuk belanja modal guna merenovasi outlet existing. Dan sekitar 3% akan digunakan untuk belanja modal guna meningkatkan fasilitas dapur utama milik Champ Resto.

"Kami menggunakan sebagian dana untuk pembayaran utang. Sisanya untuk ekspansi dan working capital, karena kami berencana untuk melanjutkan program ekspansi yang cukup agresif," kata Direktur Utama Champ Resto Indonesia Ali Gunawan Budiman dalam paparan publik yang digelar Kamis (13/1).

Baca Juga: Empat Perusahaan Ini Menggelar IPO, Mana yang Menarik Bagi Investor?

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Planner Development Program Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMODP)

[X]
×