kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,43   -4,30   -0.45%
  • EMAS1.029.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Hingga Kuartal III, Logindo Samudramakmur (LEAD) Kantongi Kontrak Baru US$ 25 Juta


Rabu, 02 November 2022 / 09:40 WIB
Hingga Kuartal III, Logindo Samudramakmur (LEAD) Kantongi Kontrak Baru US$ 25 Juta


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten pelayaran PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) rajin mengikuti tender untuk mengempit kontrak baru. Salah satunya, perseroan tengah mengikuti tender senilai US$ 5 juta. Tender tersebut berasal dari PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES).

Tercatat sampai dengan September 2022, perseroan telah menggenggam kontrak baru senilai US$ 25 juta. 

Chief Financial Officer & Secretary LEAD Adrianus Iskandar mengatakan, raihan kontrak tersebut didapatkan dari perusahaan minyak dan gas (migas) Indonesia seperti PHM, PHE NSO, Premier Oil, HCML dan lainnya. 

“Kontrak baru yang diperoleh selama tahun 2022 (Januari-September) sebesar US$ 25 juta. Kontraknya dari perusahaan migas Indonesia dan kontrak yang kami dapatkan ini sudah sesuai dengan target kami,” jelas dia kepada Kontan.co.id, Selasa (1/11). 

Baca Juga: Kenaikan Harga Jual Semen Menopang Kinerja Indocement (INTP)

Perseroan juga melihat, tahun depan prospek bisnis pelayaran ini masih akan menjanjikan. Hal ini lantaran LEAD melihat adanya peningkatan permintaan yang cukup banyak sampai akhir tahun serta juga sejalan dengan tingginya harga minyak saat ini. 

Dia menambahkan, hingga saat ini, total kapal yang beroperasi sekitar 41 unit kapal dengan kapal Anchor Handling Tug and Supply (AHTS) sebagai kapal utamanya.

Dalam catatan KONTAN, LEAD memiliki 9 unit kapal AHTS dengan 4 unit diantaranya menggunakan mesin horse power (hp) 5.000, 3 unit kapal dengan hp 1.200, dan 2 unit dengan hp 12.000.

Adapun di sepanjang tahun ini perseroan belum memiliki perencanaan untuk menambah unit kapal karena masih fokus pada utilisasi. 

Dengan meningkatnya utilisasi, emiten perkapalan yang bergerak di bidang eksplorasi vessel minyak dan gas bumi ini pun optimis untuk mencapai target-target di tahun ini. Di mana, LEAD memasang target pendapatan sebesar US$ 27 juta. 

Baca Juga: Kondisi Bisnis Menantang, Begini Strategi Adi Sarana Armada (ASSA) hingga Akhir Tahun

Dari sisi belanja modal atau capital expenditure (capex), LEAD menyiapkan anggaran sebesar US$ 2,3 juta hanya dialokasikan untuk peremajaan kapal-kapal milik Logindo.

“Sampai dengan September 2022 penggunaannya mencapai US$ 1,9 juta. Dimana mayoritas ini digunakan untuk docking atau perawatan kapal-kapal kami,” tuturnya. 

Sementara, di tahun 2023 mendatang, perseroan juga masih akan mengalokasikan capex sebesar US$ 1,5 juta. Penggunaannya akan difokuskan untuk pemeliharaan kapal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×